Isniawati, Hani and Dr. Zainal Abidin, S.Pi, MBA, MP (2023) Pengaruh Perceived Value dan Brand Image terhadap Kepuasan dan Minat Pembelian Ulang pada Konsumen Produk Olahan Bandeng di Bandeng Juwana Elrina. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor industri pengolahan perikanan diharapkan mampu mendorong pembangunan ekonomi. Perkembangan industri pengolahan produk perikanan di Indonesia terus berkembang, bandeng duri lunak menjadi salah satu produk terkenal di Kota Semarang dimana pangsa pasar produk sangat luas dan terbuka lebar. Persaingan yang ketat mengharuskan perusahaan tetap menjaga keberlangsungannya dan mempertahankan konsumennya. Citra merek menjadi penting karena memberi identitas bisnis, memengaruhi pendapatan perusahaan jangka panjang, kesediaan konsumen untuk membayar harga premium, dan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Faktor terpenting yang menentukan perilaku pembelian konsumen adalah nilai yang dipersepsikan konsumen, berasal dari pengalaman secara langsung atau evaluasi pemakaian produk oleh konsumen. Kepuasan pelanggan menjadi kunci perilaku pembelian masa depan yang dapat menghasilkan minat pembelian kembali hingga membentuk loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh 1) perceived value terhadap minat pembelian ulang, 2) brand image terhadap minat pembelian ulang, 3) perceived value terhadap kepuasan konsumen, 4) brand image terhadap kepuasan konsumen, 5) kepuasan konsumen terhadap minat pembelian ulang, 6) kepuasan konsumen memediasi pengaruh perceived value terhadap minat pembelian ulang, 7) kepuasan konsumen memediasi pengaruh brand image terhadap minat pembelian ulang. Penelitian ini mengarah pada eksplanatori dan bersifat kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif. Pengambilan data menggunakan wawancara dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2023 di Bandeng Juwana Elrina sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 140 orang yang telah mengonsumsi dan melakukan pembelian minimal satu kali produk olahan bandeng di Bandeng Juwana Elrina dalam kurun waktu satu tahun terakhir dan minimal berusia 20 tahun. Adapun analisis data yang digunakan yaitu WarpPLS SEM Method dan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived value (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang (Y2) dengan nilai koefisien beta 0,216 dan nilai signifikansi 0,004; brand image (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang (Y2) dengan nilai koefisien beta 0,144 dan nilai signifikansi 0,040; perceived value (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai koefisien beta 0,535 dan nilai signifikansi <0,001; brand image (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai koefisien beta 0,369 dan nilai signifikansi <0,001; kepuasan konsumen (Y1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang (Y2) dengan nilai koefisien beta 0,537 dan nilai signifikansi <0,001; perceived value (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang (Y2) melalui mediasi kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai koefisien beta 0,287 dan nilai signifikansi <0,001; brand image (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang (Y2) melalui mediasi kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai koefisien beta 0,198 dan nilai signifikansi <0,001. Berdasarkan hasil tersebut maka, minat pembelian uang dapat menjadi tolak ukur sebuah keberlanjutan pemasaran usaha produk perikanan. Hasil penelitian ini membuktikan jalur yang efektif dalam meningkatkan minat pembelian ulang adalah dengan meningkatkan kepuasan pada konsumen. Saran yang dapat dilakukan oleh penelitian selanjutnya adalah dengan mengembangkan indikator atau menambah variabel lain yang berhubungan dengan minat pembelian ulang, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan pihak pelaku usaha sebagai kekuatan dalam strategi pemasaran suatu produk dengan peningkatan unsur-unsur yang menjadi faktor dalam mempengaruhi minat pembelian ulang untuk menjaga kestabilan penjualan dan menarik minat konsumen.
English Abstract
The fisheries processing industry sector is expected to encourage economic development. The development of the fishery product processing industry in Indonesia continues to grow, Soft milkfish is one of the famous products in Semarang City, where the product market share is very broad and wide open. Tight competition requires the company to maintain its sustainability and retain its consumers. Brand image is important because it gives a business identity, affects long-term corporate income, increases consumers' willingness to pay premium prices, and provides a sustainable competitive advantage. The most important factor that determines consumer purchasing behavior is the value that consumers perceive, derived from direct experience or evaluation of product use by consumers. Customer satisfaction is the key to future purchasing behavior, which can generate repurchase intentions and form customer loyalty. The purpose of this study is to determine and analyze the effect of 1) perceived value on repurchase intention, 2) brand image on repurchase intention, 3) perceived value on customer satisfaction, 4) brand image on customer satisfaction, 5) customer satisfaction on repurchase intention, 6) customer satisfaction mediates the effect of perceived value on repurchase intention, and 7) customer satisfaction mediates the effect of brand image on repurchase intention. This research is explanatory and quantitative in nature and is analyzed descriptively. Data collection using interviews with questionnaires as a data collection tool. The research was conducted in March–April 2023 at Bandeng Juwana Elrina; the sample used in this study amounted to 140 people who had made at least one purchase of milkfish products at Bandeng Juwana Elrina within the past year and were at least 20 years old. The data analysis used is the WarpPLS SEM Method and descriptive analysis. The results of this study indicate that perceived value (X1) has a significant effect on repurchase intention (Y2) with a beta coefficient value of 0.216 and a significance value of 0.004; brand image (X2) has a significant effect on repurchase intention (Y2) with a beta coefficient value of 0.144 and a significance value of 0.040; perceived value (X1) has a significant effect on customer satisfaction (Y1) with a beta coefficient value of 0.535 and a significance value of <0.001; brand image (X2) has a significant effect on customer satisfaction (Y1) with a beta coefficient value of 0.369 and a significance value of <0.001; customer satisfaction (Y1) has a significant influence on repurchase intention (Y2) with a beta coefficient value of 0.537 and a significance value <0.001; perceived value (X1) has a significant influence on repurchase intention (Y2) through mediation of customer satisfaction (Y1) with a beta coefficient value of 0.287 and a significance value <0.001; brand image (X2) has a significant influence on repurchase intention (Y2) through mediation of customer satisfaction (Y1) with a beta coefficient value of 0.198 and a significance value <0.001. Based on these results, intention to purchase can be a benchmark for the sustainability of fishery product business marketing. The results of this study prove that the most effective path to increasing repurchase intention is by increasing customer satisfaction. In order to present a more complete picture, it may be suggested that future study establish indicators or include additional variables connected to repurchase intention. Additionally, by boosting the variables that become factors in influencing repurchase intention to sustain sales stability and pique customer interest, the study's findings can be employed as a business actor as a strength in a product's marketing plan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080455 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 08:13 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 08:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205070 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hani Isniawati.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |