Hubungan Kualitas Tidur dan Tingkat Stres dengan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Tingkat Akhir Sarjana Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Sari, Ni Komang Yeni Patma and dr. Nuretha Hevy Purwaningtyas, M.Sc, and Dian Kusumaningtyas, S.Si.T, M.Keb (2023) Hubungan Kualitas Tidur dan Tingkat Stres dengan Siklus Menstruasi pada Mahasiswi Tingkat Akhir Sarjana Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Stres adalah suatu keadaan ketika seseorang tidak mampu menerima menerima tuntutan dan tekanan yang ada. Sedangkan kualitas tidur adalah baik buruknya tidur yang dinilai secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif, kualitas tidur dapat dinilai berdasarkan durasi tidur. Sedangkan secara kualitatif, kualitas tidur diukur berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk tidur, gangguan saat tidur dan gangguan aktivitas akibat rasa kantuk pada siang hari. Penurunan kualitas tidur dapat menyebabkan terjadinya gangguan fungsi fisiologi pada tubuh yaitu gangguan hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi. Setiap wanita akan mengalami siklus menstruasi yang berbeda tergantung pada faktor yang menyertainya. Menstruasi dapat dipengaruhi oleh tingkat stres dan kualitas tidur. Tujuan: Mengetahui hubungan antara kualitas tidur dan tingkat stres dengan keteraturan siklus menstruasi pada mahasiswi tingkat akhir Sarjana Kebidanan FK UB. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel yang digunakan sesuai kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 63 mahasiswa. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner PSQI, kuesioner DASS dan kuesioner siklus menstruasi. Analisis bivariat dilakukan dengan uji Chi Square dan Uji Fisher’s Exact, dan analisis multivariat dilakukan dengan uji regresi logistik. Hasil: Tidak ditemukan adanya hubungan yang bermakna pada kualitas tidur dan siklus menstruasi (p-value 0,584) dan tidak ditemukan adanya hubungan yang bermakna pada tingkat stres dan siklus menstruasi dengan (p-value 0,469) pada mahasiswi tingkat akhir Sarjana Kebidanan FK UB. Diperlukan adanya penelitian lebih mendalam terkait faktor lain yang menyebabkan siklus menstruasi mahasiswa terganggu.

English Abstract

Background: Stress is a condition when a person is unable to accept the demands and pressures that exist. Sleep quality can be assessed by sleep duration, sleep latency, sleep disturbance and daytime functioning. Poor sleep quality can cause physiological function disorders in the body, especially hormonal disorders related to the menstrual cycle. Every woman will experience a different menstrual cycle based on the condition of their individual bodies. Menstruation can be affected by stress levels and sleep quality. Objective: Knowing the relationship between sleep quality and stress levels with the menstrual cycle in final year midwifery students FK UB. Methods: This study used a cross sectional design. The sample used according to the inclusion and exclusion criteria was 63 students. This research instrument used PSQI questionnaire, DASS questionnaire and menstrual cycle questionnaire. Bivariate analysis was performed with Chi Square test and Fisher's Exact test, and multivariate analysis was performed with logistic regression test. Results: There was no significant relationship between sleep quality and menstrual cycle (p-value 0.584) and there was no significant relationship between stress level and menstrual cycle (p-value 0.469) in final year Midwifery students FK UB. More in-depth research is needed related to other factors that cause students' menstrual cycles to be disrupted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523060140
Uncontrolled Keywords: Kualitas Tidur, Tingkat Stres, Siklus Menstruasi.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:32
Last Modified: 07 Dec 2023 08:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/205056
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Ni Komang Yeni Patma Sari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item