Dampak Implementasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN) terhadap Kinerja Organisasi: Pendekatan Model Kesuksesan DeLone & McLean.

Puspitasari,, Eka Firta and Dr. Zaki Baridwan,, Ak., CA., CPA., CLI. and Dr. Sari Atmini, Ak. (2023) Dampak Implementasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN) terhadap Kinerja Organisasi: Pendekatan Model Kesuksesan DeLone & McLean. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pengguna aplikasi OM-SPAN pada Pejabat Perbendaharaan Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR. Selanjutnya juga akan menganalisis pengaruh kepuasan pengguna terhadap kinerja organisasi. Sampel terdiri atas 95 orang Pejabat Perbendaharaan Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR yang tersebar di unit-unit satuan kerja dan balai pada 38 provinsi di Indonesia. Temuan dan hasil penelitian ini secara empiris menunjukkan bahwa kepuasan pengguna terhadap aplikasi OM-SPAN dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kualitas informasi dan kualitas sistem aplikasi OM-SPAN. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa kepuasan pengguna aplikasi OM-SPAN berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi. Temuan dan hasil penelitian ini juga memperjelas bahwa belum ada bukti empiris yang menjelaskan pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan sebagai faktor penentu kepuasan pengguna aplikasi OM-SPAN.

English Abstract

This study aims to analyze and obtain empirical evidence of the effect of information quality, system quality, service quality, and trust on user satisfaction of the OM-SPAN application at the Treasury Officer of the Directorate General of Housing of the Ministry of PUPR. Furthermore, the effect of user satisfaction on organizational performance will also be analyzed. The sample consisted of 95 Treasury officials of the Directorate General of Housing of the Ministry of PUPR spread across work units and centers in 38 provinces in Indonesia. The findings and results of this study empirically show that user satisfaction with the OM-SPAN application is influenced by several factors, namely the information quality and system quality of the OM-SPAN application. The results of this study also concluded that user satisfaction with the OM-SPAN application has a positive effect on organizational performance. The findings and results of this study also make it clear that no empirical evidence explains the effect of service quality and trust as determinants of OM-SPAN application user satisfaction.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020029
Uncontrolled Keywords: Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Kepercayaan, OM-SPAN
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:17
Last Modified: 04 Dec 2023 08:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204906
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Eka Firta Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item