Widodo., Dwi Mardi and Prof. Dr. Sutrisno T, S.E., Ak., M.Si. and Dr. Drs. Zaki Baridwan, Ak., M.Si. (2023) Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Keuangan dan Dampaknya Terhadap Kinerja Organisasi: Model Kesuksesan Sistem Informasi Yang Dimodifikasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kesuksesan implementasi sistem informasi keuangan terintegrasi di Kementerian/Lembaga berupa Sistem Akuntansi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) menjadi hal yang penting dalam mendukung pengelolaan APBN agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi faktor – faktor yang mempengaruhi kesuksesan Sistem Akuntansi Keuangan Tingkat Instansi dengan modifikasi kesuksesan sistem informasi Delone dan Mclean. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner dan sampel yang digunakan sebanyak 100 pengguna SAKTI di Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh (sensus). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, dan pelatihan pengguna berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Temuan selanjutnya, kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi. Peningkatan kinerja organisasi merupakan bentuk kesuksesan implementasi Sistem Akuntansi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yang ditentukan oleh peningkatan kepuasan pengguna. Peningkatan kepuasan pengguna ditentukan peningkatan kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, dan pelatihan pengguna.
English Abstract
The success of the implementation of an integrated financial information system in ministries or organizational agencies, in this case SAKTI (an agency-level financial accounting system), is essential for the effective and smooth running of state budget management. This research aims to assess and evaluate factors affecting the success of SAKTI using a modified model of Delone and McLean’s information system success. The data of this quantitative research was harvested from questionnaires distributed to all 100 users of SAKTI in the Secretariate General of the Ministry of Public Works and Housing of the Republic of Indonesia and was analyzed using Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS) in SmartPLS. This study finds that system quality, information quality, service quality, and user training positively affect user satisfaction and that user satisfaction positively influences organizational performance. Therefore, upgrades in the organizational performance are the success of SAKTI’s implementation, which is determined by the users’ satisfaction, while enhancements in user satisfaction are determined by system quality, information quality, service quality, and user training.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0423020028 |
Uncontrolled Keywords: | kepuasan pengguna, kinerja organisasi, sistem informasi keuangan, modifikasi kesuksesan sistem informasi Delone dan Mclean |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 03:57 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 03:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204899 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dwi Mardi Widodo.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (57MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |