Aliyah, Dilla Wijdanul and Dr. Ir. Agus Tjahjono,, MS. (2023) Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada Blue Ocean Seafood Indonesia, Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia sebagai negara maritim memiliki potensi sektor perikanan dan kelautan yang sangat besar. Perkembangan dunia bisnis termasuk dalam bidang perikanan saat ini semakin pesat seiring dengan peningkatan peradaban manusia yang menyebabkan persaingan semakin ketat dan kompetitif. Blue Ocean Seafood Indonesia merupakan salah satu unit bisnis yang bergerak dalam bidang supplier berbagai macam seafood yang berlokasi di Jalan Pangestu, Desa Kepuharjo, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Usaha ini menawarkan banyak varian produk seafood dengan harga yang ekonomis serta memiliki produk unggulan yakni gurita. Namun, Blue Ocean Seafood Indonesia seringkali memiliki beberapa permasalahan seperti terkait ketersediaan bahan baku dan kendala untuk memperluas market share usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi faktual usaha Blue Ocean Seafood Indonesia yang ditinjau dari aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek sosial ekonomi, aspek hukum dan aspek finansial, memetakan model bisnis melalui pendekatan BMC (Business Model Canvas), dan menganalisis strategi bisnis yang dapat dilakukan oleh Blue Ocean Seafood Indonesia menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun analisis data dilakukan secara deskriptif dengan data kualitatif dan kuantitatif. Kondisi faktual usaha Blue Ocean Seafood Indonesia menunjukkan bahwa dari aspek teknis usaha ini memiliki sarana prasarana dengan kondisi yang cukup lengkap serta menerapkan standar proses produksi yang cukup baik. Aspek manajemen diimplementasikan dengan adanya perencanaan yang baik, pembagian tugas yang cukup terstruktur, adanya pengarahan yang efektif dari atasan, dan pengontrolan secara kontinu. Adapun dari aspek pemasaran, usaha ini dapat mengimplementasikan bauran dan strategi pemasaran dengan cara yang menarik dengan mengakomodasi social media marketing. Selain itu, usaha ini juga telah berkontribusi untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan ekonomi dan telah memenuhi aspek hukum karena telah memilik NIB dan sudah berbadan hukum. Hasil analisis aspek finansial jangka pendek juga telah menunjukkan bahwa usaha ini dikategorikan menguntungkan dan efisien untuk dikembangkan. Dimana usaha ini memiliki modal usaha sebesar Rp 746.202.000, total biaya Rp601.910.819, total penerimaan Rp 687.020.000, R/C ratio sebesar 1,141, keuntungan (EAZ) Rp 82.981.451 per bulan, BEP unit sebanyak 675 kg dan BEP sales Rp 96.545.784, serta rentabilitas sebesar 13,79%. Analisis BMC pada Blue Ocean Seafood Indonesia yang dibagi menjadi 9 elemen menunjukkan hasil bahwa usaha ini memiliki customer segment dikategorikan dalam tipe market segmented. Value proposition yang diciptakan usaha ini adalah dari sisi customization, price, getting the job done, accessability dan cost reduction. Blue Ocean Seafood Indonesia juga menggunakan 2 channel yakni owned channels dan partner channels. Cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan dilakukan dalam bentuk bantuan personal dan adanya customer service. Revenue streams usaha ini diperoleh dari penjualan produk seafood serta jasa pengantaran produk kepada konsumen. Key resources yang dimiliki usaha ini sumber daya manuisia, fisik, dan finansial guna memperlancar key activities yang terdiri atas pengadaan bahan baku, proses produksi, dan distribusi. Usaha ini juga telah membangun key partnership dengan supplier bahan baku dan mitra penjualan. Adapun untuk cost structure usaha ini difokuskan melalui upaya value driven. Hasil analisis matriks IE menunjukkan hasil bahwa usaha Blue Ocean Seafood Indonesia berada pada sel I yakni dikategorikan sedang dalam masa tumbuh dan membangun. Posisi kuadran SWOT pada usaha ini berada pada kuadran I yang mendukung strategi agresif. Adapun hasil analisis matriks SWOT Blue Ocean Seafood Indonesia memberikan hasil bahwa strategi bisnis yang perlu dilakukan oleh usaha ini adalah strategi SO yakni dengan cara mengembangkan segmen pelanggan yang baru, mempertahankan kualitas produk, meningkatkan jumlah produksi dan menambah variasi produk, meningkatkan performa admin customer service, membuat website khusus untuk penjualan produk serta membangun mitra cabang pada beberapa daerah ekspansi bisnis. Adapun saran yang bisa penulis berikan adalah Blue Ocean Seafood Indonesia dapat mengimplementasikan strategi agresif dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dan menangkap peluang yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu, juga perlu didukung dengan upaya untuk menjalin bekerja sama dengan investor dan memperbanyak mitra guna meningkatkan daya saing usaha.
English Abstract
Indonesia as a maritime country has enormous fisheries and marine sector potential. The development of the business world, including in the field of fisheries, is currently increasingly rapid along with the increase in human civilization which causes increasingly fierce and competitive competition. Blue Ocean Seafood Indonesia is one of the business unit engaged in supplying various kinds of seafood located on Jalan Pangestu, Kepuharjo Village, Karang Ploso District, Malang Regency, East Java. This business offers many variants of seafood products at economical prices and has a superior product, namely octopus. However, Blue Ocean Seafood Indonesia often has several problems such as related to the availability of raw materials and obstacles to expand business market share. The purpose of this study is to describe the factual condition of Blue Ocean Seafood Indonesia's business in terms of technical aspects, management aspects, marketing aspects, socio-economic aspects, legal aspects and financial aspects, map business models through the BMC (Business Model Canvas) approach, and analyze business strategies that can be carried out by Blue Ocean Seafood Indonesia using SWOT analysis This study was conducted using a descriptive method. The method of data collection in this study is through observation, interviews, questionnaires and documentation. The types of data used in this study are primary data and secondary data. The data analysis is carried out descriptively with qualitative and quantitative data. The factual condition of Blue Ocean Seafood Indonesia's business shows that from a technical aspect, this business has infrastructure facilities with fairly complete conditions and applies fairly good production process standards. The management aspect is implemented with good planning, a fairly structured division of tasks, effective direction from superiors, and continuous control. As for the marketing aspect, this business can implement marketing mix and strategy in an attractive way by accommodating social media marketing. In addition, this business has also contributed to carrying out social and economic responsibilities and has fulfilled legal aspects because it has NIB and is already a legal entity. The results of the analysis of short-term financial aspects have also shown that this business is categorized as profitable and efficient to develop. Where this business has a working capital of Rp 746,202,000, total costs of Rp 601.910.819, total receipts of Rp 687,020,000, R/C ratio of 1,141, profit (EAZ) of Rp 82.981.451 per month, BEP units of 675 kg and BEP sales of Rp 96.545.784, and profitability of 13,79%. BMC analysis on Blue Ocean Seafood Indonesia which is divided into 9 elements shows the results that this business has a customer segment categorized in the type of market segmented. The value propotions created by this business are in terms of customization, price, getting the job done, accessability and cost reduction. Blue Ocean Seafood Indonesia also uses 2 channels, namely owned channels and partner channels. How to maintain good relationships with customers is done in the form of personal assistance and customer service. This business revenue streams are obtained from the sale of seafood products and product delivery services to consumers. Key resources owned by this business are human, physical, and financial resources to facilitate key activities consisting of raw material procurement, production processes, and distribution. This business has also built key partnerships with raw material suppliers and sales partners. As for the cost structure, this business is focused through value-driven efforts. The results of the IE matrix analysis show that Blue Ocean Seafood Indonesia's business is in cell I, which is categorized as being in the period of growth and development. The position of the SWOT quadrant in this effort is in quadrant I which supports an aggressive strategy. The results of Blue Ocean Seafood Indonesia's SWOT matrix analysis provide results that the business strategy that needs to be carried out by this business is the SO's strategy, namely by developing new customer segments, maintaining product quality, increasing production quantities and increasing product variations, improving customer service admin performance, creating special websites for product sales and building branch partners in several business expansion areas. The advice that the author can give is that Blue Ocean Seafood Indonesia can implement an aggressive strategy by maximizing the strengths it has and seizing the opportunities that exist in the surrounding environment. In addition, it also needs to be supported by efforts to establish cooperation with investors and increase the number of partners in order to increase business competitiveness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080374 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 04:11 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 04:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204842 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dilla Wijdanul Aliyah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |