Iqbatullah, Danil and Prof. Drs. Nurkholis, M.Bus., (Acc)., Ak., Ph.D. (2023) Pengaruh Intellectual Capital Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada Ukm Sektor Ekonomi Kreatif Di Lombok). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
UKM saat ini tumbuh dan bersaing dalam masa peralihan dari bisnis konvensional ke bisnis yang berbasis pengetahuan. Bisnis berbasis pengetahuan harus mendorong pelaku UKM untuk menciptakan nilai kompetitif untuk bisa meningkatkan kinerja UKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital dan literasi keuangan terhadap kinerja UKM. Resource Based Theory digunakan sebagai dasar teori untuk menyelidiki kinerja UKM sebagai gambaran pengelolaan aset tidak berwujud. Teknik survei digunakan untuk memperoleh data primer kemudian diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer capital dan literasi keuangan yang mampu meningkatkan kinerja bisnis, sedangkan human capital dan structural capital tidak demikian karena kurangnya kesadaran dan investasi pengembangan pada human capital dan structural capital oleh UKM. Pelaku UKM dapat memaksimalkan hubungan baik dengan pelanggan dan meningkatkan literasi keuangan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini memberikan informasi bahwa pelaku UKM perlu mempertimbangkan customer capital dan tingkat literasi keuangan dalam mengelola UKM mereka untuk meningkatkan kinerja, pangsa pasar dan memperluas jaringan.
English Abstract
SMEs are growing and competing in the transition from conventional to knowledge-based business capable of encouraging them to build competitive value to improve their performance. As such, this study aims to examine the effect of intellectual capital and financial literacy on SME performance, involving Resource Based Theory as the theoretical basis for investigating the SME performance as an illustration of how to manage intangible assets. The primary data, collected through survey, are processed utilizing SPSS software. The results of this study exhibit that customer capital and financial literacy can improve business performance, but not the case for human capital and structural capital as they lack awareness and investment development. Hence, optimizing good relations with customers and financial literacy fosters business performance. This study reveals that SMEs need to consider customer capital and financial literacy to improve their performance, market share and network expansion.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523020164 |
Uncontrolled Keywords: | resource-based theory; customer capital; literasi keuangan; kinerja bisnis |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 03:27 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 03:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204823 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Danil Iqbatullah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |