Putra, Dhymas Anugrah Syah and Prof. Dr. Ir. Mimit Primyastanto,, MP and Candra Adi Intyas, S.Pi, MP (2023) Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) di PT. Mitra Raya Cemerlang, Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Udang vannamei merupakan salah satu komoditas unggulan yang ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2023 menunjukkan produksi udang sepanjang tahun 2022 mencapai 1.099.976 ton atau naik 15% dibandingkan tahun 2021 yang 953.177 ton. Urgensi dalam upaya pengembangan usaha didasari oleh adanya persaingan usaha yang ketat. Salah satunya adalah usaha pembesaran udang vannamei (Litopenaeus vannamei) di PT. Mitra Raya Cemerlang, Kabupaten Probolinggo yang membutuhkan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha tersebut. Tujuan dari penelitian, yaitu 1) Mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan usaha ditinjau dari aspek nonfinansial dan finansial usaha pembesaran udang vannamei. 2) Menganalisis tingkat sensitivitas usaha pembesaran udang vannamei. 3) Merumuskan alternatif strategi yang diperlukan pada pengembangan usaha pembesaran udang vannamei. 4) Menentukan prioritas strategi yang diperlukan pada pengembangan usaha pembesaran udang vannamei. Penelitian dilakukan pada bulan Januari - Februari 2023. Jenis metode peneIitian menggunakan penelitian deskriptif. Jenis data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan, yaitu 1) analisis kelayakan usaha. 2) analisis tingkat sensitivitas. 3) analisis SWOT. 4) QSPM. Hasil dari penelitian kelayakan usaha pada aspek nonfinansial dilihat dari teknis sesuai CBIB, manajemen tidak sesuai pada pengorganisasian, pemasaran tidak sesuai pada strategi bauran pemasaran, hukum sesuai dokumen izin usaha, lingkungan sesuai AMDAL, dan sosial ekonomi sesuai manfaat usaha. Sedangkan, pada aspek finansial menguntungkan dilihat dari R/C Ratio 1,38 > 1 dan rentabilitas 38,04% > 12. Sedangkan, layak dilihat dari NPV Rp5.168.517.471, Net B/C 1,34, IRR 23%, dan PP 3,80 tahun. Tingkat sensitivitas dilihat dari tiga skenario, yaitu skenario 1 asumsi biaya naik 13% dan benefit tetap, skenario 2 asumsi benefit turun 9% dan biaya tetap, dan skenario 3 asumsi biaya naik 6% dan benefit turun 5%. Alternatif strategi pengembangan dilihat dari hasil skor IFAS 3,10 dan EFAS 2,96. Matriks IE posisi usaha berada di divisi IV. Kuadran matriks SWOT posisi usaha berada di kuadran I. Matriks SWOT diperoleh tiga belas dengan empat strategi yang agresif. Prioritas strategi pengembangan diperoleh total TAS 5,86, yaitu meningkatkan penjualan dengan diferensiasi produk dan kebijakan penetapan harga guna meningkatkan nilai ekspor. Saran dari penelitian bagi perusahaan agar meningkatkan penjualan dengan diferensiasi produk dan kebijakan penetapan harga. Bagi pemerintah agar memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai teknologi guna meningkatkan daya saing terhadap udang vannamei. Bagi masyarakat agar meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan usaha pembesaran udang vannamei yang baik dan ramah lingkungan.
English Abstract
Vannamei shrimp is one of the leading commodities determined by the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries. Based on data from the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries for 2023, shrimp production in 2022 will reach 1,099,976 tons, an increase of 15% compared to 2021 which was 953,177 tons. The urgency in business development efforts is based on the existence of intense business competition. One of them is the growing business of vannamei shrimp (Litopenaeus vannamei) at PT. Mitra Raya Cemerlang, Probolinggo Regency, which requires the right strategy to develop this business. The aims of the research are 1) to describe and analyze the feasibility of the business in terms of non-financial and financial aspects of the vannamei shrimp enlargement business. 2) Analyze the sensitivity level of the vannamei shrimp enlargement business. 3) Formulate alternative strategies needed in the development of vannamei shrimp enlargement business. 4) Determine the strategic priorities needed in the development of the vannamei shrimp enlargement business. The research was conducted in January - February 2023. This type of research method uses descriptive research. Types of data in the form of primary data and secondary data. The sampling technique used purposive sampling. Methods of data collection using observation, interviews, and documentation. The data analysis method used is 1) business feasibility analysis. 2) sensitivity level analysis. 3) SWOT analysis. 4) QSPM. The results of the business feasibility study on non-financial aspects are seen from a technical perspective according to CBIB, management is not suitable for organizing, marketing is not suitable for marketing mix strategy, law is according to business license documents, environment is according to the AMDAL, and socio-economic according to business benefits. Meanwhile, on the financial aspect, it is profitable to look at the R/C Ratio 1.38 > 1 and profitability 38.04% > 12. Meanwhile, it is feasible to look at the NPV Rp5,168,517,471, Net B/C 1.34, IRR 23%, and PP 3.80 years. The level of sensitivity is seen from three scenarios, namely scenario 1 assuming costs increase by 13% and benefits remain constant, scenario 2 assumes benefits decrease by 9% and costs remain constant, and scenario 3 assumes costs increase by 6% and benefits decrease by 5%. Alternative development strategies are seen from the results of IFAS 3.10 and EFAS 2.96. Matrix IE business position is in division IV. In the SWOT matrix quadrant the business position is in quadrant I. The SWOT matrix is obtained thirteen with four aggressive strategies. Priority development strategy obtained a total TAS of 5.86, namely increasing sales with product differentiation and pricing policies to increase export value. Suggestions from research for companies to increase sales with product differentiation and pricing policies. For the government to provide socialization and training on technology to increase the competitiveness of vannamei shrimp. For the community to increase understanding in the management of a good and environmentally friendly vannamei shrimp enlargement business.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080368 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 04:09 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 04:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204810 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhymas Anugrah Syah Putra.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |