Strategi Pengembangan Usaha Ekspor Karang Hias pada PT Sri Kandi Aquarium di Kabupaten Banyuwangi

Nurfauzanillah, Devan and Candra Adi Intyas, S.Pi, MP (2023) Strategi Pengembangan Usaha Ekspor Karang Hias pada PT Sri Kandi Aquarium di Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki letak geografis di wilayah segitiga terumbu karang yang dikenal “The Amazon of the Ocean”. Julukan tersebut diberikan karena wilayah indonesia memiliki kekayaan spesies karang dengan bangak jenis karang. Potensi tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor karang hias terbesar. Kegiatan transplantasi karang adalah salah satu cara yang digunakan untuk menjaga ekosistem terumbu karang yang ada di alam. Kegiatan transplantasi terumbu karang selain digunakan untuk kepentingan konservasi, kegiatan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan atau profit. PT Sri Kandi Aquarium berada di Jalan Raya Watudodol no. 134, Desa Ketapang, Kec.Kalipuro, Kab. Banyuwangi. Tujuan penelitian ini yaitu 1) menggambarkan model bisnis PT Sri Kandi Aquarium menggunakan Business Model Canvas (BMC). 2) Menganalisis kondisi Internal dan Eksternal usaha ekspor karang hias di PT Sri Kandi Aquarium. 3) Menganalisis posisi perusahaan ekspor karang hias di PT Sri Kandi Aquarium. 4) merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha ekspor karang hias PT Sri Kandi Aquarium, Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan pada 1 September hingga 30 Oktober 2022 di PT Sri Kandi Aquarium yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, Jenis dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu: 1) gambaran bisnis menggunakan bussines model canvas , 2) analisis internal dan eksternal yang mana internal menggunakan analisis BMC, dan eksternal menggunakan PESTEL, 3) Posisi perusahaan menggunakan Internal Factor Evaluation (IFE) , Eksternal Factor Evaluation (EFE) dan Internal Eksternal Matrix (IE Matriks), 4) alternatif strategi pengembangan menggunakan analisis SWOT. Analisis faktor strategis internal yang merupakan hasil identifikasi dari Business Model Canvas (BMC), Target yang menjadi segmen pelanggan PT. Sri Kandi Aquarium merupakan negara-negara di benua eropa, benua amerika dan beberapa negara di benua asia. Perusahaan menawarkan nilai unggul berupa garansi, legalitas yang lengkap, dan karang yang berkualitas. Lima fase elemen saluran yakni kesadaran, evaluasi, pembelian, pengiriman,dan purna jual. Hubungan pelanggan menggunakan bantuan personal. Sumber pendapatan utama dihasilkan dari transaksi pembelian karang hias. Sumberdaya utama terdiri dari fisik, keuangan, intelektual, dan manusia. Aktivitas utama PT sri kandi aquarium berupa produksi dan pemasaran. Mitra utama perusahaan yaitu pembeli dan pemasok. Struktur biaya perusahaan terdiri dari modal tetap, modal lancar, biaya tetap dan biaya variabel. Analisis faktor strategis eksternal hasil identifikasi dari PESTEL , diperoleh faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemudian dianalisis menggunakan matriks IFE & EFE, didapatkan nilai masing-masing sebesar 2,824 & 3,12. Hasil matriks Internal-Eksternal (IE) diperoleh posisi perusahaan berada pada sel 1 yakni strategi grow and build dan diagram SWOT pada kuadran 1 yang mendukung strategi agresif . Kemudian hasil tersebut dianalisis menggunakan matriks SWOT sehingga diperoleh alternatif strategi pengembangan menggunakan kekuatan internal perusahaan dengan memanfaatkan peluang yang perusahaan miliki (Strength-Opportunity). Strategi yang terbentuk antara lain memanfaatkan teknologi informasi untuk mempromosikan kualitas produk, Meningkatkan volume penjualan dengan menjaga kualitas produk, Optimalisasi kapasitas produksi. Saran yang diberikan untuk perusahaan kedepannya yaitu menerapkan strategi agresif. Adapun strategi yang dapat diterapkan yaitu dengan penetrasi pasar, pengembangan pasar maupun pengembangan produk.

English Abstract

Indonesia is geographically located in a triangle of coral reefs known as "The Amazon of the Ocean". The nickname was given because the Indonesian region has a lot of variety coral species. This potential makes Indonesia the largest ornamental coral exporting country. Coral transplantation is one of the methods used to maintain coral reef ecosystems in nature. Apart from being used for conservation purposes, coral reef transplantation activities can also be used to generate profit. PT Sri Kandi Aquarium is located on Jalan Raya Watudodol no. 134, Ketapang Village, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi. The aims of this study are 1) To describe the business model of PT Sri Kandi Aquarium using the Business Model Canvas (BMC). 2) To analyze the internal and external conditions of the ornamental coral export business at PT Sri Kandi Aquarium. 3) To analyze the position of the ornamental coral export company at PT Sri Kandi Aquarium. 4) To formulate an alternative strategy for developing the ornamental coral export business of PT Sri Kandi Aquarium, Banyuwangi Regency. This research was conducted from 1 September to 30 October 2022 at PT Sri Kandi Aquarium located in Banyuwangi Regency. This type of research is descriptive research. The sampling technique was purposive sampling, the type and source of data in the form of primary data and secondary data. Methods of data collection using observation, interviews, questionnaires. The data analysis method used is: 1) business description using the business model canvas, 2) internal and external analysis which internally uses BMC analysis, and externally uses PESTEL, 3) company position uses Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation ( EFE) and Internal External Matrix (IE Matrix), 4) alternative development strategies using SWOT analysis. Internal strategic factor analysis which is the result of identification from the Business Model Canvas (BMC), the target which is the customer segment of PT. Sri Kandi Aquarium are countries on the European continent, the American continent and several countries on the Asian continent. The company offers superior value in the form of guarantees, complete legality, and quality coral. The five phases of channel elements are awareness, evaluation, purchasing, delivery, and after-sales. Customer relations using personal assistance. The main source of income is generated from purchasing transactions of ornamental corals. The main resources consist of physical, financial, intellectual, and human. The main activities of PT Sri Kandi Aquarium are production and marketing. The main partners of the company are buyers and suppliers. The company's cost structure consists of fixed capital, current capital, fixed costs and variable costs. Analysis of external strategic factors identified by PESTEL, strengths, weaknesses, opportunities and threats were obtained which were then analyzed using the IFE & EFE matrices, each with a score of 2.824 & 3.12. The results of the Internal-External (IE) matrix show that the company's position is in cell 1, namely the grow and build strategy and the SWOT diagram in quadrant 1 which supports an aggressive strategy. Then the results are analyzed using the SWOT matrix so that alternative development strategies are obtained using the company's internal strengths by taking advantage of the opportunities that the company has (Strength-Opportunity). The strategies formed include utilizing information technology to promote product quality, increasing sales volume by maintaining product quality, optimizing production capacity. The advice given for future companies is to implement an aggressive strategy. The strategies that can be implemented are market penetration, market development and product development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080359
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:50
Last Modified: 04 Dec 2023 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204799
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Devan Nurfauzanillah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item