Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (4P) terhadap Kepuasan Konsumen Produk Olahan Ikan pada UMKM Mutiara Nusa di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang

Mahsa, Davira Alodia and Mariyana Sari, S.Pi., MP (2023) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (4P) terhadap Kepuasan Konsumen Produk Olahan Ikan pada UMKM Mutiara Nusa di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang memiliki jumlah penduduk yang besar sehingga memiki jumlah konsumen produk makanan yang tinggi. Kemudian, Malang berhasil meningkatkan perekonomian dengan menyumbangkan sebesar 69,87 triliun dan meraih urutan ke-5 pada Provinsi Jawa Timur dalam Koperasi – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (K-UMKM), sehingga mengindikasikan banyaknya UMKM di Kota Malang, salah satunya adalah UMKM Mutiara Nusa. UMKM bidang makanan ini berlokasi di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang menawarkan olahan produk ikan inovatif dan kekinian. Oleh karena tingkat persaingan yang tinggi pada UMKM sejenis, diperlukan penelitian tentang “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (4P) terhadap Kepuasan Konsumen Produk Olahan Ikan pada UMKM Mutiara Nusa di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang”. Adapun tujuan penelitian yaitu mengetahui hasil deskriptif produk, harga, lokasi, dan promosi berdasarkan hasil wawancara pada UMKM Mutiara Nusa, menganalisis indeks kepuasan pelanggan terhadap produk, harga, lokasi, dan promosi, menganalisis pengaruh produk, harga, lokasi, dan promosi tehadap kepuasan konsumen secara simultan dan parsial, serta menganalisis variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan pada UMKM Mutiara Nusa yang berlokasi di Bantaran IV No. 12b, Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2022 – Februari 2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan termasuk pada penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling yaitu teknik insidental serta besarnya sampel ditentukan menggunakan rumus linear time function. Analisis data pada penelitian ini menggunakan mix method, yakni kualitatif digunakan dalam mendeskripsikan hasil dari analisis kuantitatif, sedangkan kuantitatif digunakan dalam menganalisis pengaruh variabel bebas, yaitu produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap variabel terikat, yaitu kepuasan konsumen menggunakan analisis regresi berganda yang dilakukan melalui aplikasi SPSS 25. Produk Olahan Ikan pada UMKM Mutiara Nusa memiliki berbagai macam ikan, seperti ikan tuna, ikan bandeng, ikan kakap, dan ikan lele. Usaha ini memiliki total 21 olahan produk perikanan frozen dan 5 produk cemilan olahan. Harga pada usaha produk olahan UMKM Mutiara Nusa sangat bervariasi tergantung dengan pilihan produk dan kuantitasnya. Pemilik usaha memberikan diskon dan potongan harga tertentu pada hari-hari pilihan dan minimal pembelanjaan. Kemudian, lokasi usaha yaitu di Bantaran IV No. 12 B, Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang dan bazar dan event-event besar lainnya. Saluran distribusi yang terdapat pada usaha MOE yaitu 2 (dua) saluran, yakni langsung membeli pada usaha dan pembelian melali reseller. Promosi yang dilakukan oleh UMKM Mutiara Nusa menggunakan media elektronik dan media cetak. Kemudian, Pelanggan menunjukan diantara 70 responden, diketahui bahwa sebanyak 62 responden dengan persentase 88,6 % puas terhadap UMKM Mutiara Nusa, sedangkan sebanyak 8 responden dengan persentase 11,4% tidak puas terhadap UMKM Mutiara Nusa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen usaha produk perikanan UMKM Mutiara Nusa merasa puas berdasarkan aspek produk, harga, lokasi, dan promosi yang diberikan oleh pelaku usaha. Berdasarkan uji statistik, yakni uji F menujukan bahwa dari ke 4 (empat) variabel bebas (independen), yakni produk, harga, lokasi, dan promosi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Kemudian, uji statistik t (parsial) yaitu menunjukan bahwa pada variabel produk, harga, lokasi, dan promosi secara parsial atau sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan asumsi variabel lainnya konstan atau tetap. Perhitungan parsial (uji t), menunjukan variabel produk yang mempunyai nilai thitung paling besar, yaitu sebesar 4,269, sehingga variabel produk yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Saran peneliti untuk pelaku usaha dapat meningkatkan ukuran fisik produk, menyesuaikan harga sesuai dengan daya saing yang dimiliki, menambah penyedian parkir pada lokasi usaha sehingga konsumen lebih mudah dan nyaman, serta memberikan promosi seperti tester untuk menambah kepuasan dalam melakukan promosi pada konsumen. Selanjutnya, untuk lembaga akademis diharapkan dapat dijadikan referensi sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya dalam menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk olahan ikan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan menggunakan metode dan variabel lain untuk penelitian lebih lanjut yang berhubungan dengan kepuasan konsumen. Kemudian, saran kepada pemerintah khususnya Dinas Perikanan dapat mempertimbangkan dalam merumuskan kebijakan yang dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha UMKM, sehingga membantu pertumbuhan ekonomi Kota Malang.

English Abstract

Malang City has a large population, so it has a high number of consumers of food products. Then, Malang managed to improve the economy by contributing 69.87 trillion and reaching the 5th place in East Java Province in Micro, Small, and Medium Enterprises (K-SMEs), thus indicating the number of SMEs in Malang, one of which is the Mutiara Nusa MSME. SMEs in the food sector are located in Lowokwaru District, Malang City, and offer innovative and contemporary fish products. Due to the high level of competition in similar SMEs, a study is needed on "the analysis of the effect of marketing mix (4P) on consumer satisfaction of processed fish products at Mutiara Nusa SMEs in Lowokwaru District, Malang City". The purpose of the study was to determine the descriptive results of products, prices, locations, and promotions based on interviews at Mutiara Nusa SMEs, analyze the Customer Satisfaction Index of products, prices, locations, and promotions, analyze the effect of products, prices, locations, and promotions on simultaneous and partial consumer satisfaction, and analyze the dominant variables influencing consumer satisfaction. The study was conducted at Mutiara Nusa SMEs located in Bantaran IV No. 12b, Tulusrejo Village, Lowokwaru District, Malang City, East Java. This research was conducted in December 2022–February 2023. This study was conducted using the descriptive method and included qualitative and quantitative research. The types of data used are primary and secondary. Methods used in data collection, namely questionnaires, interviews, observations, and documentation. Sampling technique with non-probability sampling is an incidental technique, and the sample size is determined using a linear time function formula. In the data analysis in this study using the mix method, qualitative is used in describing the results of quantitative analysis, while quantitative is used in analyzing the effect of independent variables, namely product, price, location, and promotion of the dependent variable, namely consumer satisfaction, using multiple regression analysis conducted through the application of SPSS 25. Processed fish products at Mutiara Nusa SMEs have a wide variety of fish, such as tuna, milkfish, snapper, and catfish. This business has a total of 21 processed frozen fishery products and 5 processed snack products. Prices on processed products for Mutiara Nusa SMEs vary greatly depending on the choice of products and quantity. Business owners provide certain discounts and rebates on days of choice and minimal spending. Then, the location of the business is on Bantaran IV No. 12 B, Tulusrejo Village, Lowokwaru District, Malang City, bazaars, and other major events. The distribution channels contained in the MOE business are two, namely direct buying in the business and purchasing through resellers. Promotions conducted by Mutiara Nusa SMEs using electronic media and print media Then, the Consumer Satisfaction Index showed that among 70 respondents, it was known that as many as 62 respondents with a percentage of 88.6% were satisfied with Mutiara Nusa SMEs, while as many as 8 respondents with a percentage of 11.4% were dissatisfied with Mutiara Nusa SMEs. So it can be concluded that consumers of the fishery products business of Mutiara Nusa SMEs are satisfied based on aspects of products, prices, locations, and promotions provided by business actors. Based on statistical tests, the F test shows that the four independent variables, namely products, prices, locations, and promotions, have a positive effect on consumer satisfaction. Then, the T (partial) statistical test shows that the variables of product, price, location, and promotion partially or individually significantly affect consumer satisfaction, assuming other variables are constant or fixed. A partial calculation (t test) shows the product variables that have the greatest value, which amounted to 4.269, so that the product variables that have a dominant influence on consumer satisfaction. Researchers' suggestions for business actors include increasing the physical size of the product, adjusting prices according to their competitiveness, adding parking provisions at business locations so that consumers are easier and more convenient, and providing promotions such as testers to increase satisfaction in promoting to consumers. Furthermore, for academic institutions, it is expected to be used as a reference for further research in analyzing consumer satisfaction with processed fish products in micro, small, and medium enterprises by using other methods and variables for further research related to consumer satisfaction. Then, suggestions to the government, especially the Fisheries Office, can be considered in formulating policies that are carried out to improve the welfare of SMEs business actors, thereby helping the economic growth of Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080350
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:14
Last Modified: 04 Dec 2023 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204779
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Davira Alodia Mahsa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item