Hubungan Pengetahuan dan Ketepatan Orang Tua Dalam Manajemen Terapi Diare Anak dan Pencegahannya di Malang Raya.

Agustina, Kawai Maharani and apt. Ayuk Lawungtyas Hariadini, S.Farm., M.Farm. and apt. Drs. Bambang Sidharta, M.S (2023) Hubungan Pengetahuan dan Ketepatan Orang Tua Dalam Manajemen Terapi Diare Anak dan Pencegahannya di Malang Raya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia, diare merupakan penyakit yang banyak dialami oleh anak-anak pada setiap tahunnya. Diare adalah buang air besar dengan konsistensi feses lebih cair dengan frekuensi lebih dari 3 kali sehari. Diare dapat diobati sendiri tetapi harus mengikuti penatalaksanaan yang ada. Orang tua harus memiliki pengetahuan yang baik agar penggunaan obat diare dapat diberikan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan ketepatan orang tua dalam penatalaksanaan terapi diare anak dan pencegahannya di Malang Raya serta telah mendapat persetujuan Komisi Etik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya dengan surat nomor 225:EC/ KEPK/10/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Pemilihan sampel orang tua dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang telah diisi oleh responden. Jumlah responden yang diperoleh sebanyak 146 responden sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Pada penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil tingkat pengetahuan orang tua di Malang Raya yang melakukan manajamen terapi diare anak dan pencegahannya dengan persentase baik (33,56%), cukup (52,74%), dan kurang (13,70%), dan pada ketepatan penggunaan obat diperoleh persentase pada kategori tidak tepat (79,45%( dan tepat (20,55%). Analisis statistik yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi (r= 0,457). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan ketepatan penggunaan obat dalam penatalaksanaan diare anak dengan kekuatan korelasi yang sedang.

English Abstract

In Indonesia, diarrhea is a disease that is experienced by many children every year. Diarrhea is defecation with a more liquid stool consistency with a frequency of more than 3 times a day. Diarrhea can be treated alone but must follow existing management. Parents must have good knowledge so that the use of diarrhea drugs can be given appropriately. This study aims to determine the relationship between knowledge and accuracy of parents in the management of childhood diarrhea and its prevention in Malang Raya and has received approval from the Ethics Commission of the Faculty of Medicine, University of Brawijaya with letter number 225:EC/KEPK/10/2022. The research method used is analytic observational with a cross sectional research design. The selection of the parent sample was carried out using a purposive sampling technique. Research data obtained from questionnaires that have been filled in by respondents. The number of respondents obtained was 146 respondents according to the inclusion and exclusion criteria. In the research that has been done, the results obtained are the level of knowledge of parents in Malang Raya who carry out management of child diarrhea therapy and its prevention with good (33.56%), sufficient (52.74%), and poor (13.70%) percentages. and for the accuracy of drug use, the percentage in the inappropriate category (79.45%) and 20.55%) was obtained. The statistical analysis used was the Pearson correlation test which showed a significance value of 0.000 and a correlation coefficient (r = 0.457). These results showed that there was a significant positive relationship between the level of knowledge and the accuracy of drug use in the management of childhood diarrhea with moderate correlation strength.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523060117
Uncontrolled Keywords: tingkat pengetahuan, ketepatan penggunaan obat, terapi diare anak, pencegahan diare
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Dec 2023 06:53
Last Modified: 06 Dec 2023 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204762
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kawai Maharani Agustina.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item