Pengaruh Strategi Bisnis dan Inovasi terhadap Keunggulan Kompetitif Perusahaan (Studi pada UMKM Kuliner di Kota Malang)

Firanda, Brilian Setia and Dr. Wahdiyat Moko,, SE., MM. CPHR (2023) Pengaruh Strategi Bisnis dan Inovasi terhadap Keunggulan Kompetitif Perusahaan (Studi pada UMKM Kuliner di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri UMKM menjadi salah satu industri yang paling berkembang di beberapa negara di ASEAN. Peningkatan jumlah unit UMKM mengakibatkan peningkatan persaingan usaha. Masalah yang bisa terjadi adalah risiko UMKM akan keluar dari persaingan usaha. Sehingga dibutuhkan keunggulan kompetitif agar UMKM tetap bersaing dalam industri Beberapa peneliti percaya bahwa keunggulan kompetitif dipengaruhi oleh strategi bisnis dan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi bisnis dan inovasi terhadap keunggulan kompetitif pada pemilik UMKM kuliner bidang camilan dan kue. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah sebanyak 150 responden UMKM kuliner bidang camilan dan kue di Kota Malang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 26. Alat yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji T. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukan hasil bahwa (1) strategi bisnis memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif, (2) inovasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif.

English Abstract

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) have become one of the most rapidly growing industries in several ASEAN countries. The increase in the number of MSME units has resulted in increased business competition. The potential issue is the risk of MSMEs being pushed out of the competition. Therefore, competitive advantage is essential for MSMEs to remain competitive in the industry. Some researchers believe that competitive advantage is influenced by business strategy and innovation. This study aims to determine the influence of business strategy and innovation on competitive advantage among owners of culinary MSMEs in the snack and pastry sector. The research utilizes a nonprobability sampling technique called purposive sampling. The sample size used consists of 150 respondents from culinary MSMEs in the snack and pastry sector in Malang City. The data analysis method employed is multiple linear regression analysis using SPSS 26 software. The research instrument is tested for validity, reliability, and classical assumptions. Hypothesis testing is conducted using the Ftest and t-test. Based on the analysis results, it shows that (1) business strategy has a significant influence on competitive advantage, and (2) innovation has a significant influence on competitive advantage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020056
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Inovasi, Keunggulan Kompetitif, UMKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:32
Last Modified: 17 Nov 2023 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204722
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Brilian Setia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item