Peran Faktor Teknologi Informasi Dan Personal Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Produk Halal (Studi Kasus: Konsumen Shopee Barokah)

Hudoyo, Benayn Bilalakram and Dr.Drs.IswanNoor,, ME (2023) Peran Faktor Teknologi Informasi Dan Personal Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Produk Halal (Studi Kasus: Konsumen Shopee Barokah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Islam memperbolehkan aktivitas perekonomian dengan penggunaan teknologi demi memudahkan mashlahah seluruh kalangan masyarakat dalam tindakan jual beli sebuah produk. Mashlahah bersumber dari kata shalaha yang bermakna kebaikan, kebermanfaatan, kelayakan, keselarasan, dan kepatuhan. Mashlahah memiliki lawan kata, yaitu mafsadah dan madharah yang bermakna kerusakan atau keburukan. Aktivitas jual beli sebuah produk dalam Islam didefinisikan dengan terciptanya transaksi produk yang bersifat fisik. Tindakan tersebut memerlukan sebuah benda dalam bertransaksi. Namun, aktivitas jual beli produk juga dapat bersifat non-fisik, melalui berbagai ketentuan yang telah diatur, seperti dalam transaksi as-salam dan al-istishna. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi seluler, email, media sosial, web, pendapatan, dan religiusitas. Selanjutnya, metode penelitian yang digunakan menggunakan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah variabel web dan religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen. Sementara variabel aplikasi seluler, email, media sosial, dan pendapatan tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.

English Abstract

Islam allows economic activity with the use of technology to facilitate the mashlahah of all circles of society in the act of buying and selling a product. Mashlahah is derived from the word shala which means goodness, usefulness, worthiness, harmony, and obedience. Mashlahah has the opposite of the word, namely mafsadah and madharah which means damage or ugliness. The activity of buying and selling a product in Islam is defined by the creation of physical product transactions. The action requires an object in the transaction. However, the activity of buying and selling products can also be non-physical, through various provisions that have been regulated, such as in as-salam and al-istishna transactions. The variables used in this study were mobile applications, email, social media, web, revenue, and religiosity. Furthermore, the research method used uses quantitative with multiple linear regression analysis. The results obtained in this study are that web variables and religiosity have a significant positive effect on consumers' buying interest. While the variables of mobile apps, email, social media, and revenue have no positive or significant influence on consumers' buying interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020052
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:55
Last Modified: 17 Nov 2023 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204712
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Benayn Bilalakram Hudoyo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item