Hubungan Kemampuan Manajemen Waktu Selama Pembelajaran Daring Dengan Capaian Akademik Mahasiswa Kedokteran

Christalitha, Gabriela and dr. Dwiretno Pangastuti, M.Pd.Ked and dr. Rose Khasana Dewi, Sp.PA (2023) Hubungan Kemampuan Manajemen Waktu Selama Pembelajaran Daring Dengan Capaian Akademik Mahasiswa Kedokteran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selama masa pandemi, mahasiswa dianjurkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dan konsultasi melalui media online. Perubahan ini tentu mempengaruhi manajemen waktu mahasiswa karena hampir seluruh kegiatan dilakukan di rumah. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan populasi penelitian Populasi penelitian mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yang pernah atau sedang menjalani pembelajaran secara daring selama minimal 1 semester. Dari total 94 responden, didapatkan usia responden termuda adalah 19 tahun dan usia tertua dari responden adalah 23 tahun, responden perempuan lebih banyak. Didapatkan data IPK terendah 2.80 dan IPK tertinggi 3.97. Hasil uji bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan menetapkan tujuan dan prioritas (p=0.436), kemampuan perencanaan dan penjadwalan (p=0.350), kemampuan mengendalikan waktu (p=0.090), dan tingkat preferensi untuk terorganisir individu (p=0.178) terhadap hasil capaian akademik mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil koefisien korelasi, didapatkan bahwa mahasiswa yang memiliki kemampuan menetapkan tujuan dan prioritas, kemampuan mengendalikan waktu, dan tingkat preferensi untuk terorganisir yang baik cenderung memiliki hasil capaian akademik yang relatif baik pula dan mahasiswa yang memiliki kemampuan perencanaan dan penjadwalan yang baik belum tentu memiliki hasil capain akademik yang baik.

English Abstract

During the pandemic, students were encouraged to carry out teaching and learning activities and consultations through online media. This change certainly affects student’s time management because almost all activities are carried out at home. This study used an analytic observational design with a study population. The research population is students of the Faculty of Medicine, University of Brawijaya who have or are currently undergoing online learning for at least 1 semester. From a total of 94 respondents, the youngest respondent was 19 years old and the oldest respondent was 23 years old, with more female respondents. The lowest GPA data was 2.80 and the highest GPA was 3.97. The results of the bivariate test showed that there was no significant relationship between the ability to set goals and priorities (p=0.436), planning and scheduling skills (p=0.350), ability to control time (p=0.090), and preference level for individual organization (p= 0.178) on the results of the academic achievement of students of the Medical Undegraduate Study Program, University of Brawijaya. Based on the results of the correlation coefficient, it was found that students who have the ability to set goals and priorities, the ability to control time, and the level of preference for good organization tend to have relatively good academic achievement results whilst students who have good planning and scheduling skills do not necessarily have good results. good academic achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523060105
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:01
Last Modified: 28 Nov 2023 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204667
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gabriela Christalitha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item