Hubungan Antara Efek Penerapan Feeding Rules Dan Keluhan Kesulitan Makan Pada Anak Prasekolah

Sajidah, Farah and Dr. Fajar Ari Nugroho, S.Gz., M.Ke and Nur Aini Retno Hastuti, SST., M.Keb (2023) Hubungan Antara Efek Penerapan Feeding Rules Dan Keluhan Kesulitan Makan Pada Anak Prasekolah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah gizi yang sering terjadi pada anak prasekolah ialah kesulitan makan. Kesulitan makan memiliki dampak negatif jangka panjang seperti gangguan pada tumbuh kembang anak. Salah satu penyebabnya adalah pola pemberian makan yang kurang tepat sejak awal masa pengenalan makanan. Praktik pemberian makan pada anak yang tepat dapat dilakukan dengan menerapkan feeding rules. Feeding rules telah mencakup empat aspek penting seperti aspek kelengkapan gizi, lingkungan, serta cara dan waktu pemberian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efek penerapan feeding rules dan keluhan kesulitan makan pada anak prasekolah di Wilayah Kerja Kecamatan Klojen, Kota Malang. Peneliti berharap bahwa penerapan feeding rules ini dapat dijadikan upaya dalam mencegah maupun mengatasi kesulitan makan yang terjadi pada anak.Metode penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional terhadap 45 orang responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2022-Maret 2023. Hasil penelitian didapatkan p-value 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara efek penerapan feeding rules dan keluhan kesulitan makan anak prasekolah. Pada penelitian ini juga didapatkan r-korelasi 0,601 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi negatif antara efek penerapan feeding rules dan keluhan kesulitan makan anak prasekolah.

English Abstract

The nutritional problem that often occurs in preschool children is feeding difficulties. Feeding difficulties have long-term negative impacts, such as disruption to child development. One reason is the pattern of feeding that needs to be corrected since the beginning of the food introduction. Proper feeding practices for children can be done by applying the feeding rules. Feeding rules cover four essential aspects: completeness of nutrition, environment, and method and time of administration. This study aims to determine the relationship between the application of feeding rules and feeding difficulties in preschool children in the Klojen District, Malang City. Researcher hope these feeding rules can be used to prevent or overcome feeding difficulties in children. The research method is an analytic study with a cross-sectional approach to 45 respondents determined through purposive sampling. This research was conducted in December 2022- March 2023. The results obtained a p-value of 0.000 which indicates a significant relationship between the application of feeding rules and preschool children's feeding difficulties. This study also found an r-correlation of 0.601, indicating a strong relationship. It can be interpreted that there is negative correlation between feeding rules and preschool children's feeding difficulties.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523060098
Uncontrolled Keywords: kesulitan makan, feeding rules, prasekolah, masalah gizi, pola pemberian makan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:26
Last Modified: 28 Nov 2023 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204599
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farah Sajidah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item