Febiana, Annisa Zachra and Moh. Erfan Arif, SE., M.M (2023) Pengaruh Penggunaan Key Opinion Leader Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Decision Melalui Consumer Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Lazada Indonesia (Studi Pada Pengguna E-Commerce Lazada Di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Lazada sebagai e-commerce terbesar mengalami penurunan jumlah pengunjung setiap tahunnya. Fenomena ini berkaitan dengan menurunnya respon konsumen terhadap perusahaan untuk melakukan pembelian menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan key opinion leader, online customer review dalam meningkatkan purchase decision melalui consumer trust. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dan dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah 140 responden dengan kriteria berusia diatas 18 tahun, warga negara Indonesia, pernah berbelanja di Lazada, dan pernah melihat promosi atau konten key opinion leader mengenai produk pada Lazada. Dalam menganalisis data, digunakan metode Structural Equation Model (SEM-PLS) dan dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil dari pengujian terhadap ketujuh hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) variabel key opinion leader memiliki pengaruh positif terhadap variabel purchase decision, (2) variabel online customer review memiliki pengaruh positif terhadap variabel purchase decision, (3) variabel key opinion leader memiliki pengaruh positif terhadap variabel consumer trust, (4) variabel online customer review berpengaruh positif terhadap variabel consumer trust, (5) variabel consumer trust berpengaruh positif terhadap variabel purchase decision. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan juga bahwa variabel key opinion leader dan variabel online customer review mampu meningkatkan purchase decision yang dimediasi oleh variabel consumer trust.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0523020120 |
Uncontrolled Keywords: | Key Opinion Leader, Online Customer Review, Consumer Trust, Purchase Decision |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 04:08 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 04:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204587 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Zachra Febiana.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |