Putri, Anggun Widya and Abdul Ghofar, S.E., M.Si., DBA., Ak. (2023) Analisis Penggunaan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (Lpip) Dalam Meningkatkan Efektivitas Prosedur Penyaluran Kredit (Studi Kasus: Pt. Bank Permata). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi atas prosedur penyaluran kredit dan melihat apakah terdapat peningkatan efektivitas prosedur penyaluran kredit dengan menggunakan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) pada PT. Bank Permata. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data primer pada penelitian ini, diperoleh dari wawancara terhadap karyawan yang berada di bagian Lending Business Support PT. Bank Permata Cabang Bintaro. Sumber data sekunder berupa buku-buku, beberapa literatur, peraturan Perundang-Undangan dan web yang berkaitan dengan lembaga terkait prosedur penyaluran kredit. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analysis interactive model. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk mengatasi masalah kurangya informasi kredit serta penerapan prinsip prudential banking (kehati-hatian), prosedur penyaluran kredit pada PT. Bank Permata memanfaatkan layanan LPIP sebagai penyedia informasi debitur untuk bahan analisa kredit. Sejak diterapkannya LPIP, menunjukkan bahwa efektivitas LPIP jika dibandingkan dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) pada prosedur penyaluran kredit pada PT. Bank Permata cukup efektif, hal ini dapat dilihat dari perbandingan flow process, waktu layanan, dan informasi yang terdapat didalam layanan.
English Abstract
The study aims to determine the implementation of credit distribution procedures and the improvement on the effectiveness of the procedures through Credit Information Management Agency (LPIP) on PT. Permata Bank. This study employs qualitative descriptive approach, involving primary data collected from interviews with Lending Business Support employees of PT. Permata Bank of Bintaro, and secondary data of books, literatures, regulations, and websites of institutions related to credit procedures. The results of the interactive model analysis exhibit that to address the lack of credit information and to implement the prudential banking principles, PT. Bank Permata utilizes LPIP services as a debtor information provider for credit analysis materials in distributing the credit. The study reveals the effectiveness of LPIP over the Financial Information Services System (SLIK) on the procedure of credit distribution in PT. Permata Bank, proven by the comparison of flow process, service time, and service information.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0523020114 |
Uncontrolled Keywords: | Perkreditan, Efektifitas, Prosedur, LPIP |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 07:40 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 07:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204550 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggun Widya Putri Sudirman.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (9MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |