Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia dan Angka Pengangguran terhadap Tingkat Kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Prasetyo, Angger Gigih and Bahtiar Fitanto, S.E., M.T. (2023) Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia dan Angka Pengangguran terhadap Tingkat Kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan provinsi yang ada di Pulau Jawa dengan tingkat kemiskinan tertinggi dari tahun 2012-2022, yang padahal ditunjang dengan tingginya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan rendahnya tingkat pengangguran dengan indikator Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh IPM dan TPT terhadap tingkat kemiskinan di DIY, dan juga untuk mengetahui kondisi sebenarnya di Provinsi DIY dengan menggunakan metode uji kausalitas granger, analisis regresi data panel dan analisis deskriptif. Dengan metode tersebut menghasilkan bahwa tidak terdapat hubungan kausalitas antar variabel. Untuk analisis regresi data panel didapatkan model terbaik yaitu Random Effect Model (REM) dengan hasil bahwa IPM berpengaruh negatif dan signifikan serta angka pengangguran berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Sedangkan kondisi DIY sebenarnya tingkat kemiskinan di DIY tidaklah seperti perhitungan statistik Badan Pusat Statistik (BPS), karena dengan indikator statistika BPS belum bisa menjelaskan tingkat kemiskinan di Provinsi DIY. Tingginya tingkat kemiskinan di DIY berdasarkan BPS dikarenakan adanya pola konsumsi yang unik dan didukung oleh kondisi sosial budaya yang ada di sana.

English Abstract

The Special Region of Yogyakarta (DIY) is a province in Java with the highest poverty rate from 2012-2022, which is supported by the high Human Development Index (HDI) and the low unemployment rate with the Open Unemployment Rate (TPT) indicator. This study aims to determine the effect of HDI and TPT on the poverty rate in DIY, and also to find out the actual conditions in DIY Province by using the granger causality test method, panel data regression analysis and descriptive analysis. With this method, it results that there is no causality relationship between variables. For panel data regression analysis, the best model is Random Effect Model (REM) with the result that HDI has a negative and significant effect and unemployment rate has a positive and significant effect on poverty rate. Meanwhile, the actual condition of DIY is that the poverty rate in DIY is not like the statistical calculation of the Central Bureau of Statistics (BPS), because BPS statistical indicators cannot explain the poverty rate in DIY Province. The high poverty rate in DIY based on BPS is due to unique consumption patterns and is supported by the socio-cultural conditions that exist there.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020109
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Angka Pengangguran
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:56
Last Modified: 13 Nov 2023 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204536
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Angger Gigih Prasetyo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item