Studi Eksperimental Pembingkaian Pesan dalam Rangka Membentuk Sikap dengan Moderasi Keterlibatan dan Kredibilitas Sumber, serta Perannya terhadap Harga Reservasi Produk Organik.

Setyawan, Andhy and Prof. Dr. Dra. Noermijati, MTM., CPHR, and Drs. Sunaryo, M.Si., Ph.D, and Dr.Sli Aisiah, SE.,MS. (2023) Studi Eksperimental Pembingkaian Pesan dalam Rangka Membentuk Sikap dengan Moderasi Keterlibatan dan Kredibilitas Sumber, serta Perannya terhadap Harga Reservasi Produk Organik. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Andhy Setyawan, 167020201111009, Program Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 2022. Studi Eksperimental Pembingkaian Pesan dalam Rangka Membentuk Sikap dengan Moderasi Keterlibatan dan Kredibilitas Sumber, serta Perannya terhadap Harga Reservasi Produk Organik. Promotor: Noermijati, Ko-Promotor: Sunaryo dan Siti Aisjah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembingkaian pesan dalam mempengaruhi sikap dan harga reservasi terhadap produk organik dengan mempertimbangkan adanya moderasi keterlibatan dan kredibilitas sumber. Pembingkaian pesan merupakan salah satu upaya persuasif yang dapat dilakukan pemasar untuk meningkatkan sikap positif konsumen terhadap produk organik. Sikap positif pada produk organik akan meningkatkan harga reservasi konsumen. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan eksperimen laboratorium dengan desain faktorial 2 x 2 x 2. Variabel pembingkaian pesan dimanipulasi menjadi pembingkaian pesan positif dan negatif, sedangkan variabel kredibilitas sumber dimanipulasi dalam kredibilitas sumber tinggi dan rendah. Selanjutnya, variabel keterlibatan diukur dan kemudian dikelompokkan dalam kategori keterlibatan tinggi dan rendah. Tahap akhir dari penelitian adalah menguji adanya pengaruh sikap pada harga reservasi terhadap produk organik. Partisipan eksperimen dalam penelitian ini sebanyak 280 mahasiswa yang tersebar antar sel kombinasi manipulasi variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembingkaian pesan pada sikap terhadap produk organik. Pembingkaian pesan negatif lebih efektif mempengaruhi respon partisipan dibandingkan pembingkaian pesan positif. Moderasi keterlibatan dan kredibilitas sumber signifikan pada pengaruh pembingkaian pesan terhadap sikap. Selanjutnya, terdapat pengaruh positif signifikan sikap pada harga reservasi terhadap produk organik. Artinya, semakin positif sikap seseorang terhadap produk organik maka semakin tinggi pula harga reservasi terhadap produk organik.

English Abstract

The objective of this research is to analyze the roles of message framing in affecting attitude and the reservation price of organic products by considering the moderation of involvement and source credibility. Message framing is a persuasive attempt that can be done by marketers to increase consumer’s positive attitudes towards organic products. The positive attitude can increase consumer’s reservation price. The data of this research was harvested from a laboratory experiment that uses the 2x2x2 factorial design. The message framing was manipulated into positive and negative message framing, while source credibility was manipulated into high and low credibility, and involvement was measured and then grouped into high and low involvement. The final stage of this research is assessing the effect of attitude on the reservation price of organic products. The participants of this research are 280 university students spread across the variable manipulation combination cells. This study finds that message framing influences the attitude towards organic products. The negative message framing is more effective in influencing participants responses than the positive one. Further, the moderations of involvement and source credibility are significant in the effect of message framing on attitude. Moreover, attitude positively and significantly affects the reservation price of organic products. This means that the more positive a person’s attitude toward an organic product, the higher the reservation price of the organic products.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0623020005
Uncontrolled Keywords: pembingkaian pesan, keterlibatan, kredibilitas sumber, sikap, harga reservasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:26
Last Modified: 13 Nov 2023 04:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204520
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andhy Setyawan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item