Persepsi Nasabah dan Strategi Penanganan Terhadap Kasus Phising Mobile Banking (BRImo) di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. KCP Singosari

Oktavira, Zahara Dwizar and Anisya Sukmawati,, SE., M.SA., AK (2023) Persepsi Nasabah dan Strategi Penanganan Terhadap Kasus Phising Mobile Banking (BRImo) di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. KCP Singosari. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk merupakan salah satu bank milik negara terbesar di Indonesia. Lebih dari 125 tahun Bank BRI senantiasa melayani nasabah dengan memberikan dukungan dan kemudahan bertransaksi. Bank BRI selalu mengupayakan dalam meningkatkan kualitas serta pelayanan baik pelayanan secara langsung dan digital di tengah perubahan zaman yang semakin canggih. Seiring berkembangnya zaman, transaksi keuangan semakin dipermudah dengan adanya inovasi teknologi sehingga perusahaan perbankan di Indonesia juga harus bergerak untuk mengimbangi hal tersebut. Salah satu inovasi digitalisasi yang sudah diterapkan di dunia perbankan salah satunya adalah Mobile Banking . Meskipun transaksi terasa lebih mudah dengan Mobile Banking , terdapat pula kekurangan Mobile Banking seperti menjadi celah kejahatan siber (Cyber Crime ). Salah satu kejahatan siber yang marak terjadi di dunia perbankan, khususnya yang pernah marak terjadi di Bank BRI berbentuk phishing . Karena hal ini, tentunya pihak perusahaan dan nasabah Bank BRI yang dirugikan. Dampak yang memungkinkan bagi pihak internal adalah menurunnya kepercayaan nasabah untuk bertransaksi melalui Mobile Banking BRI (BRImo), sedangkan bagi nasabah adalah perasaan khawatir untuk bertransaksi dan beberapa nasabah ada yang dirugikan secara material. Oleh karena itu, perlunya persepsi dari nasabah atas kejadian tersebut untuk mengevaluasi dan masukan bagi perusahaan demi menjaga loyalitas nasabah serta meningkatkan keamanan BRImo. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif yang didukung dengan pengumpulan data melalui wawancara, penyebaran kuesioner, serta observasi. Dari pengumpulan data tersebut, didapati dari kasus phishing yang terjadi menyebabkan sebagian nasabah merasa khawatir dengan akun BRImo mereka, serta beberapa nasabah masih merasa ragu membedakan pesan asli dengan pesan penipuan.

English Abstract

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk is one of the largest state-owned banks in Indonesia. For over 125 years, Bank BRI has been serving their customers by providing financial service and convenience in transaction features. Bank BRI always commits to improve the quality of their services, both through direct and e-channels in the midst of a development era to digitalization. As time goes by, financial transactions are becoming easier with the presence of technology innovations, requiring banking companies in Indonesia to adapt accordingly. One of the digitalization innovations that has been implemented in the banking industry is Mobile Banking . Although transactions are considerably easier with Mobile Banking , there are also feebleness of Mobile Banking , such as being cybercrime loopholes. One prevalent form of cybercrime in the banking world, recently affecting Bank BRI, is phishing . In that case, both the company and Bank BRI customers feel vilified. The most possibility impact on the internal side is a customer's lack of trust in doing transactions through BRI Mobile Banking (BRImo), while for customers, there is a sense of worry in transaction, and some customers have suffered financial losses. Thus, customer’s perception is needed regarding these incidents to evaluate and give feedback to the company in order to maintain customer loyalty and enhance the BRImo’s security. This research will be conducted using a qualitative-descriptive method and the data collection techniques through interviews, questionnaire distribution, and observations. From the data result, it was found that phishing cases have caused some customers to feel worried about their BRImo accounts, and some customers still have doubts in recognizing verified messages or scam ones.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170199
Uncontrolled Keywords: Perbankan Digital, Kejahatan Perbankan Digital, Phishing-Digital Banking, Cybercrime, Phishing
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:06
Last Modified: 15 Nov 2023 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204446
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zahara Dwizar Oktavira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item