Perancangan Konten Pada Akun Media Sosial Instagram @o_rinskitchen

Hamida, Tahta Triananda and Dr. Rini Agustina, S.Kom., M.Pd. (2023) Perancangan Konten Pada Akun Media Sosial Instagram @o_rinskitchen. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan media sosial yang pesat dapat dimanfaatkan sebagai strategi promosi oleh pengusaha individu atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam membangun usaha. Tidak terkecuali dengan Rins Kitchen yang merupakan salah satu UMKM di Kota Malang yang bergerak di bidang kuliner, yang memanfaatkan media sosial Instagram @o_rinskitchen sebagai strategi untuk mempromosikan produknya. Memiliki konten media sosial yang menarik merupakan salah satu bentuk strategi promosi melalui online marketing agar dapat menarik perhatian konsumen. Pada hal ini, dibutuhkan pesan atau informasi tentang produk atau brand tersebut untuk menarik perhatian atau attention audiens. Untuk menarik perhatian audiens/followers diperlukan rancangan konten model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) yang merupakan sebuah pesan yang wajib mendapatkan perhatian, menjadi ketertarikan, menjadi minat dan mengambil tindakan agar pesan dapat dikatakan memiliki kualitas pesan yang baik (Kotler & Keller, 2023). Melalui konten yang bersifat informatif dan interaktif dapat meningkatkan interaksi didalamnya. Jenis konten ini seringkali digunakan oleh merek yang ingin meningkatkan engagement dan interaksi audiens dengan merek atau produk. Dalam penelitian ini bertujuan untuk merancang konten pada akun media sosial Instagram @o_rinskitchen dalam memperluas jangkauan dan perhatian followers. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan pendekatan media scheduling flighting untuk memaksimalkan kegiatan promosi dalam waktu singkat. Hasil penelitian memperoleh hasil bahwa rancangan konten yang bersifat informatif dan interaktif lebih disukai oleh audiens/pengikut (followers) @o_rinskitchen. Hal ini sesuai dengan data insight konten media sosial Instagram @o_rinskitchen yang dibuat pada bulan April 2023 meningkat secara perlahan.

English Abstract

The rapid use of social media can be used as a promotional strategy by individual entrepreneurs or Micro, Small and Medium Enterprises in building a business. Rins Kitchen is no exception, which is one of the MSMEs in Malang City engaged in the culinary field, which utilizes the social media Instagram @o_rinskitchen as a strategy to promote its products. Having interesting social media content is a form of promotion strategy through online marketing in order to attract consumers' attention. In this case, messages or information about the product or brand are needed to attract the attention of the audience. To attract the attention of the audience/followers, the AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) model content design is needed which is a message that must get attention, become interested, become interested and take action so that the message can be said to have good message quality (Kotler & Keller , 2023). Through content that is informative and interactive can increase the interaction in it. This type of content is often used by brands who want to increase audience engagement and interaction with brands or products. In this study the aim is to design content on the Instagram social media account @o_rinskitchen in expanding the reach and attention of followers. The research was conducted using a qualitative descriptive method with a media scheduling flighting approach to maximize promotional activities in a short time. The results of the research show that the design of content that is informative and interactive is preferred by @o_rinskitchen's audience. This is according to Instagram social media content insight data @o_rinskitchen which was made in April 2023 increasing slowly.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170184
Uncontrolled Keywords: Konten, Media Sosial, Instagram, @o_rinskitchen-Content, Social Media, Instagram, @o_rinskitchen
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:46
Last Modified: 15 Nov 2023 02:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204417
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tahta Triananda Hamida.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item