Amani, Syarifah and Budi Fajar Supriyanto,, S.Kom, M.Kom (2023) Strategi Konten Promosi Melalui Instagram Sebagai Upaya Meningkatkan Kunjungan Profil Terhadap Akun TakjilGresik. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu bukti meningkatnya pengguna teknologi digital adalah banyaknya pengguna internet khususnya media sosial yang telah berkembang pesat di Indonesia. Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Hootsuite bahwa jumlah media sosial telah mencapai 4,7 miliar pengguna. Hal tersebut membuktikan jika media sosial sudah menjadi bagian aktivitas masyarakat. Aktivitas yang terdampak dari banyaknya pengguna media sosial yaitu pemasaran bisnis secara online. Dengan meningkatnya jumlah pelaku Usaha Metro Kecil Menengah didorong untuk mulai melakukan pemasaran secara online. Instagram merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan untuk memperkenalkan produk secara online dan menjangkau pasar yang lebih luas. Dimana prioritas utama para pemasar dalam menggunakan media sosial adalah meningkatkan kunjungan pada konten media sosial dan meningkatkan ketertarikan mereka terhadap konten yang berisi tentang produk yang ditawarkan. Salah satu usaha yang menggunakan media sosial Instagram sebagai pemasaran utama adalah Takjil Gresik, melalui akun Instagram @takjilgresik. Penelitian ini bertujuan untuk menerangkan jumlah kunjungan calon konsumen paling tinggi pada konten Takjil Gresik. Melalui dokumentasi data dan fitur Instagram Insight, penelitian ini mengumpulkan data hasil kerja dari platform Instagram. Konten yang diunggah pada tanggal 13 Maret – 5 April 2023 dengan jumlah 1 konten perhari, untuk kesuluruhan 24 konten yang sudah diupload dengan dikelompokan ke dalam 4 kategori konten, yaitu “edukasi”, “hiburan”, “produk”, dan “quotes”. Penelitian dilakukan selama 24 hari dari tanggal 14 Maret – 6 April 2023. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa: (1) Hasil kunjungan postingan yang berlangsung selama 24 hari meningkat dengan jumlah 907 kunjungan profil, (2) Variabel profile visits memberikan hasil paling tinggi adalah kategori konten “edukasi” dengan persentase 35%, (3) Variabel follows memberikan hasil paling tinggi adalah kategori konten “hiburan” dengan persentase 75%. Batasan pada penelitian ini analisis hanya berdasarkan pada kunjungan profil Instagram dengan mengambil data kunjungan melalui tools Insight di Instagram. Dalam penelitian ini, batas waktu yang digunakan terlalu cepat sehingga data yang masuk tidak terlalu banyak. Sedangkan, data yang masuk diluar jadwal penelitian tidak dimasukkan ke dalam data. Sehingga diharapkan untuk penelitian selanjutnya menggunakan batas waktu yang lebih lama agar mendapatkan hasil yang lebih banyak dan signifikan.
English Abstract
One proof of the increasing use of digital technology is the large number of internet users, especially social media, which has grown rapidly in Indonesia. Based on data published by Hootsuite, the number of social media users has reached 4.7 billion. This proves that social media has become part of community activities. Activities affected by the large number of social media users are online business marketing. With the increasing number of Metro Small and Medium Enterprises actors being encouraged to start marketing online. Instagram is one of the social media that is often used to introduce products online and reach a wider market. Where the main priority for marketers in using social media is to increase visits to social media content and increase their interest in content that contains the products offered. One of the businesses that uses Instagram social media as the main marketing is Takjil Gresik, through the Instagram account @takjilgresik. This study aims to explain the highest number of potential customer visits to Takjil Gresik content. Through data documentation and the Instagram Insight feature, this research collects work data from the Instagram platform. Content uploaded on March 13 – April 5 2023 with a total of 1 content per day, for a total of 24 uploaded content grouped into 4 content categories, namely "education", "entertainment", "products", and "quotes". The research was conducted for 24 days from March 14 – April 6 2023. From the observations it was found that: (1) The results of post visits which lasted for 24 days increased by a total of 907 profile visits, (2) The profile visits variable giving the highest results was the category "educational" content with a percentage of 35%, (3) The variable follows giving the highest result is the category of "entertainment" content with a percentage of 75%. The limitation of this study is that the analysis is only based on Instagram profile visits by collecting visit data through the Insights tool on Instagram. In this study, the time limit used is too fast so that the incoming data is not too much. Meanwhile, data that entered outside the research schedule was not included in the data. So it is hoped that further research will use a longer time limit in order to get more and significant results.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170182 |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial Instagram, Strategi Pemasaran, Kategori Konten.Instagram Social Media, Marketing Strategy, Content Category. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 02:45 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 02:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204413 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Syarifah Amani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |