Proses Pendaftaran Di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Batu

Dermawan, Candra Novi and Dr. dr. Tita Hariyanti, M.Kes and Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati, S.Kep., M.Kep., Sp.KepJ (2023) Proses Pendaftaran Di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Baptis Batu. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang : Patient Centered Care (PCC) adalah paradigma baru dalam pelayanan kesehatan yang memposisikan pasien sebagai pusat dari pelayanan. Pelayanan baik yang diberikan oleh staf rumah sakit kepada pasien, memberikan sebuah pengalaman positif pada pasien saat melakukan pendaftaran ke rumah sakit. Hal ini terjadi karena adanya pelayanan yang diberikan staf terjadi karena adanya kepedulian yang membuat rasa tenang maupun nyaman selama mendaftar di rumah sakit melalui staf, dibandingkan mendaftar secara mandiri. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Informan dari studi ini adalah pasien rawat jalan RS Baptis Batu dan staf RS Baptis Batu yang membantu mendaftarkan pasien ke Poli Rawat Jalan. Studi yang menggunakan teknik wawancara mendalam tatap muka ini melibatkan 11 orang pasien dan 6 orang staf. Analisis data dilakukan secara interaktif, terus-menerus, dan tuntas hingga seluruh data yang terkumpul sudah jenuh Hasil Penelitian : Penelitian ini menemukan adanya 11 tema yang terbagi menjadi 2 kluster, yaitu proses pendaftaran pasien melalui staf dan proses staf membantu mendaftarkan pasien. Staf rumah sakit mengimplementasikan konsep patient centered care untuk mendaftarkan pasien dengan memberikan kemudahan, komunikasi yang baik, keuntungan pada pasien saat melakukan pendaftaran dengan sikap ramah, baik, peduli, cepat dan informatif dalam memberikan informasi. Hal ini membuat pasien menjadi dependensi pada staf untuk mendaftar ke Poli Rawat Jalan. Kesimpulan : Konsep PCC yang diimplementasikan staf rumah sakit memberikan dampak positif bagi rumah sakit dan dapat menjadi sebuah strategi marketing bagi rumah sakit sehingga membuat pasien merasa senang dalam melakukan pendaftaran ke rumah sakit.

English Abstract

Background: Patient Centered Care (PCC) was a new paradigm of health service which positioned the patient as a center of service. A good service given by the hospital staffs to the patients would deliver a positive experience on the patients while doing registration in the hospital. This staff service occurred due to their concern for patients which could raise calmness or comfortable feeling during patient registration in the hospital through staff assistance, rather than doing self-registration. Methodology : This study uses a qualitative method with a graunded theory approach. The informants of this study were outpatients at Baptist Batu Hospital and staff at Baptist Batu Hospital who helped register patients at the Outpatient Polyclinic. This study used face-to-face in-depth interview techniques involving 11 patients and 6 staff. Data analysis was carried out interactively, continuously and thoroughly until all the data collected was saturated. Findings: This research found about 11 themes which were divided into two clusters: the process of patient registration through staff assistance and process of staff helping patient registration. The hospital staffs have implemented a concept of patient centred care in order to register the patient with easiness, good communication, and patient benefit during the registration with a friendly attitude, kind, caring, fast, and informative in delivering the information. This situation would trigger patient dependency on the hospital staffs during the registration process to the outpatient unit. Conclusion: The concept of patient centred care implemented by the hospital staffs could bring positive effects to the hospital and become one of marketing strategies for the hospital in order to make patient satisfaction while doing registration in the hospital.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423060029
Uncontrolled Keywords: Patient centered care, pendaftaran pasien, rumah sakit
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.11 Hospitals and related institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:38
Last Modified: 08 Nov 2023 00:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204398
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Candra Novi Dermawan, Drg.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item