Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel (Studi Kasus Pada Perusahaan Golden Tulip Holland Resort Batu Periode Tahun 2019-2022)

Putra, Rifki Azzahrawani and Dr. Drs. Raden Rustam Hidayat,, M.Si and Deasy Chrisnia Natalia,, SE., MM. (2023) Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel (Studi Kasus Pada Perusahaan Golden Tulip Holland Resort Batu Periode Tahun 2019-2022). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat occupancy hotel dalam empat tahun terakhir, terpengaruh oleh Pandemi Covid-19, yang menyebabkan penurunan tingkat occupancy pada tahun 2020. Namun, pada tahun 2021, industri perhotelan kembali menggeliat dibuktikan dengan tingkat occupancy yang kembali meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan selama periode 2019-2022 dan bagaimana hasil dari strategi pemasaran yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui triangulasi dan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Strategi yang diterapkan yaitu dengan menetapkan target pasar pada seluruh segmen pasar yang ada. Dengan target pasar yang luas, dilakukan strategi bauran pemasaran yang mencakup 4 aspek, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Hasilnya occupancy dapat meningkat dan strategi pemasaran yang diterapkan dapat dikatakan berhasil. Namun, ada beberapa hal perlu ditingkatkan seperti visibilitas hotel yang kurang terlihat.

English Abstract

The hotel occupancy rate in the last four years was affected by the Covid-19 Pandemic, which caused a decrease in the occupancy rate in 2020. However, in 2021, the hospitality industry is starting to improved again as evidenced by the occupancy rate which has returned to increase. The purpose of this research is to find out the marketing strategy implemented during the 2019-2022 period and how the results of the marketing strategy were implemented. This study uses qualitative methods by collecting data through triangulation and data analysis techniques according to Miles and Huberman. The strategy applied is to set a target market in all existing market segments. With a broad target market, a marketing mix strategy is carried out which includes 4 aspects, namely product, price, place, and promotion. As a result occupancy can increase and the marketing strategy implemented can be said to be successful. However, there are some things that need to be improved, such as less visible visibility of the hotel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170161
Uncontrolled Keywords: strategi, pemasaran, bauran pemasaran, tingkat penghunian kamar-strategy, marketing, mix marketing, room occupancy rate
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:24
Last Modified: 08 Nov 2023 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204355
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rifki Azzahrawani Putra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item