Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital (Studi Kasus Akun TikTok @casakreatif)

Rizquna, Rania Aulia and Eka Ratri Noor Wulandari, S.Si, M.Si, M.Sc (2023) Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital (Studi Kasus Akun TikTok @casakreatif). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran digital merujuk pada segala bentuk kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital dan teknologi internet untuk mencapai tujuan pemasaran. Ini melibatkan penggunaan platform online, seperti situs web, media sosial, mesin pencari, email, iklan digital, dan aplikasi seluler, untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada target audiens. TikTok selain dikenal sebagai media entertain yang kini digandrungi banyak masyarakat, nyatanya Tiktok juga dapat berperan sebagai media pemasaran. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan popularitas aplikasi Tiktok sebagai media promosi sehingga produk yang mereka jual dapat lebih dikenal banyak orang. Maka, Casa Kreatif selaku perusahaan yang bergerak pada publicrelations agencyharus mengikuti alur kemajuan teknologi untuk dapat bersaing dengan para kompetitornya, dengan mengikuti perubahan pada metode pemasaran yang dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan internet dan media sosial yang sangat memberikan pengaruh besar bagi khalayak dalam menyampaikan informasi. Pemanfaatan TikTok sebagai platform pemasaran Casa Kreatif ini dilakukan dengan melakukan beberapa tahapan. Adapun tahapan penting yang harus dilakukan, antara lain yaitu perancangan konten pada proses pra-produksi menggunakan design thinking dengan tahapan empathize, define, ideate, prototype dan test. Design thinking tersebut nantinya akan melahirkan ide-ide konten yang akhirnya ditulis dalam content planning. Tahapan selanjutnya setelah konten berhasil ditayangkan yaitu melakukan pengukuran efektivitas konten pasca—pr0duksi. Hal ini sangat penting karena dapat memberikan informasi yang berharga tentang seberapa sukses kampanye media sosial kita. Berdasarkan pengukuran efektivitas konten menggunakan parameter key metrics, dapat disimpulkan bahwa penerapan design thinking dan content planning yang dihasilkan berhasil memberikan pengaruh salah satunya konten tahan tawa yang mendapatkan 366 ribu tayangan, 5709 suka, 41 komentar dan 165 kali dibagikan, selain itu konten tersebut berhasil menambahkan 356 pengikut baru.

English Abstract

Digital marketing refers to all forms of marketing activities that use digital media and internet technology to reach marketing objectives. This involves using on/ine platforms, such as websites, social media, search engines, email, digital advertising, and mobile applications, to promote products, services, or brands to target audiences. Apart from being known as a media entertainer, the T/'kTok application is now lo ved by many people, but TikTok can also act as a marketing medium. Business people can take benefit of the popularity of the Tiktok application as a promotional medium so that the products they sell can be better known by many people. So, Casa Creative as a company engaged in a pub/ic relations agency must follow the flow of technological advances to be able to compete with its competitors, by following changes in the marketing methods being carried out. One of them is by utilizing the internet and social media which really have a big influence on audiences in conveying information. The use of TikTok as a marketing platform for Casa Kreatif is carried out by carrying out several stages. The important steps that must be carried out include designing content in the pre-production process using design thinking with stages empathize, define, ideate, prototype, and test. This will later give birth to content ideas, that are finally written down in content planning. The next stage after the content has been successfully broadcast is to measure the effectiveness of post—production content. This is very important because it can provide valuable information about howsuccessful our social media campaigns are. Based on content effectiveness measurement using parameters key metrics, it can be concluded that the application design thinking and content planning results have succeeded in making an impact for example, the content challenge Don 'tLaugh got 366k views, 5709 /Il(€$} 41 comments, and 165 shares, apart from that the content managed to add 356 new followers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170152
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Nov 2023 07:21
Last Modified: 08 Nov 2023 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204339
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rania Aulia Rizquna.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item