Peran Knowledge Management Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan (Studi Kasus Pada Thursina International Islamic Boarding School)

Burhani, Ahmad Zaki and Prof. Dr. Rofiaty,, SE., MM. (2023) Peran Knowledge Management Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan (Studi Kasus Pada Thursina International Islamic Boarding School). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana peran implementasi Knowledge Management dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Penelitian diterapkan pada suatu lembaga pendidikan yaitu Thursina Internasional Islamic Boarding School, Malang. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Narasumber kunci dalam penelitian ini adalah Principal of Academic & IT Project Leader dan tiga narasumber pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pengimplementasian Knowledge Management yang baik memiliki peran positif dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang diberikan. Peran tersebut berkontribusi dalam meningkatkan aspek kualitas layanan yang diberikan mulai dari bukti langsung, kehandalan, responsivitas, jaminan, dan asuransi. Selain itu, ditemukan beberapa kendala yang berpotensi untuk menghambat penerapan Knowledge Mangement yang ada di Thursina IIBS. Seperti kemampuan yang berbeda-beda diantara para karyawan dalam memanfaatkan fasilitas Knowledge Management dan kerap terjadinya turn over karyawan.

English Abstract

The objective of this research is to explore to what extent knowledge management enhances the quality of an education service. This research was conducted at Thursina International Islamic Boarding School, an education institution in Malang. The data of this qualitative research was harvested from observations, library research, and interviews with two key informants, i.e., the Principal of Academic and the IT Project Leader, and three supporting informants. This research finds that the good implementation of knowledge management increases the services provided by the education institution. Knowledge management contributes to the enhancement of service quality aspects from tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and insurance. However, the application of knowledge management in Thursina International Islamic Boarding School is still hampered by different capabilities between employees in using knowledge management facilities and by employee turnover.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020077
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management, Knowledge Manajement Process, Kualitas Layanan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:35
Last Modified: 06 Nov 2023 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204335
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Zaki Burhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item