Analisis Swot Dan Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ikan Hias (Studi Pada Hobi Amatir)

Hadi, Ahmad Abdul and Prof. Ananda Sabil Hussein, SE., M.Com., Ph.D, CMA (2023) Analisis Swot Dan Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ikan Hias (Studi Pada Hobi Amatir). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan berkembangnya era globalisasi, mengharuskan suatu bisnis mampu untuk beradaptasi dengan keadaan pasar yang semakin ramai pesaingan. Hobi Amatir merupakan bisnis yang bergerak di bidang perikanan lebih tepatnya ikan hias. Memiliki kendala yang saat ini sedang dihadapi yaitu penurunnya volume penjulaan yang memaksakan Hobi Amatir untuk melakukan pengembangan strategi pemasaran dan layanan demi bertahan dalam persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alternatif strategi pemasaran, dan menentukan strategi pemasaran prioritas. Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah metode case studi, serta populasi, dan sampel sebagai informan menggunakan metode SWOT-AHP, SWOT digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal usaha, kemudian analisis menggunakan (AHP) untuk menentukan bobot setiap faktor dan strategi pemasaran prioritas. Pada metode AHP disusun hieraki yang terdiri dari level tujuan (strategi pemasaran prioritas hobi amatir), level kriteria (consumer, cost, convenience, communication), dan level alternatif (strategi weaknesses-opportunities). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner, dengan responden yang terdiri dari 6 orang key informan yang dianggap mengetahui dan mempunyai kapabilitas terkait pemasaran usaha hobi amatir. Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa pada level kriteria, faktor consumer dihasilkan sebagai faktor kriteria prioritas (0,408), dan pada level alternatif, diperlihatkan jika strategi “Melakukan budidaya ikan hias predator sendiri dan menjual bibit ikan hias predator.” merupakan alternatif strategi prioritas (0,300).

English Abstract

The growing globalization era has required businesses to adapt to the increasingly competitive markets. Hobi Amatir is a business that sells ornamental fish. The sales volume of this company was decreasing, requiring it to develop its marketing strategy and improve its service in order to survive the business competition. The objective of this case study is to design alternate marketing strategies and to determine the prioritized marketing strategies. The population and the sample serve as the informants. Here SWOT was used to analyze the business’ internal and external environments, while Analytical Hierarchy Process was used to measure the weight of each factor and prioritized marketing strategy. The Analytical Hierarchy Process consisted of objective tier (the prioritized marketing strategy for Hobi Amatir), Criterion tier (consumer, cost, convenience, and communication), and alternative tier (the weakness-opportunity strategy). The data was harvested observations, questionnaires, and interviews with six key informants considered knowledgeable and capable of handling the marketing. This study finds that, in criterion tier, consumer is the prioritized factor (0.408) and that, in alternative tier, handling the breeding and selling of predatory ornamental fish is the prioritized alternate strategy (0.300).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020074
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, SWOT, AHP
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:40
Last Modified: 03 Nov 2023 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204325
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Abdul Hadi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item