Hubungan Antara Ekspresi Progesterone Receptor (PR) dengan Matrix Metallo Proteinase-9 (MMP9) dan Grading Pada Meningioma.

Putri, Anggie Sasmita Kharisma and Dr. dr. Karyono Mintaroem, SpPA and dr. Aina Angelina, SpPA and dr. Harun Al Rasyid, MPH (2023) Hubungan Antara Ekspresi Progesterone Receptor (PR) dengan Matrix Metallo Proteinase-9 (MMP9) dan Grading Pada Meningioma. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningioma merupakan tumor intrakranial yang paling sering terjadi pada orang dewasa. Progesteron berperan dalam perkembangan dan proliferasi sel tumor yang terkait dengan hormon, seperti meningioma. Morbiditas dan mortalitas yang signifikan dapat terjadi, ketika lesi terlokalisasi di daerah yang sulit untuk dilakukan reseksi bedah atau sangat infiltratif pada jaringan di sekitarnya. Banyak penelitian yang dipublikasikan tentang sifat molekuler yang terkait dengan perilaku agresif meningioma, termasuk matrix metalloproteinase (MMP), namun penelitian tentang hubungan antara ekspresi PR dengan MMP9 masih belum banyak dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya hubungan antara ekspresi progesterone receptor (PR) dengan matrix metallo proteinase-9 (MMP9) pada meningioma. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik cross sectional. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif dan analisis bivariat. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS software.Uji korelasi Spearman untuk ekspresi PR dengan grading berdasarkan World Health Organization (WHO) pada meningioma, didapatkan nilai p=0,492 dan koefisien korelasi -0.117. Hal ini menunjukkan korelasi yang tidak bermakna. Uji korelasi Spearman untuk ekspresi MMP dengan grading berdasarkan WHO pada meningioma, didapatkan nilai p=0,16 dan koefisien korelasi 0.236. Hal ini menunjukkan korelasi yang tidak bermakna. Uji korelasi Spearman antara ekspresi PR dan MMP9 pada meningioma diperoleh nilai p=0.008 yang menunjukkan bahwa korelasi antara nilai PR dengan MMP9 bermakna dengan nilai korelasi sebesar -0.427. Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara ekspresi PR dengan grading berdasarkan WHO pada meningioma. Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara ekspresi MMP9 dengan grading berdasarkan WHO pada meningioma. Terdapat korelasi negatif yang signifikan antara ekspresi PR dengan MMP9 pada meningioma.

English Abstract

Meningiomas are the most common primary brain tumors in adults. Progesterone plays important role in the growth and proliferation of tumor cell, related to hormone, such in meningioma. Significant morbidity and mortality can occur, when the lesion is localized in an area which is difficult to do surgical resection or highly infiltrative to surrounding tissue. Many studies have been published on the molecular aspect associated with aggressive meningioma behavior, including matrix metalloproteinases (MMPs), but research on the relationship between PR and MMP9 expression is still not much done. The purpose of this study was to prove the correlation between expression of the progesterone receptor (PR) and matrix metallo proteinase-9 (MMP9) in meningioma. This study used a cross-sectional research design. The design used in this study includes descriptive and bivariate analysis. The data obtained were processed using SPSS software. Spearman's correlation test for PR expression with grading based on WHO in meningioma, obtained p value = 0.492 and correlation coefficient -0.117. This shows a correlation that is not significant. Spearman's correlation test for MMP expression with grading based on WHO in meningioma, obtained p = 0.16 and a correlation coefficient of 0.236. This shows a correlation that is not significant. Spearman's correlation test between PR and MMP9 expression in meningioma obtained p = 0.008 which indicates that the correlation between PR and MMP9 values is significant with a correlation value of -0.427. There was no significant correlation between PR expression and grading based on WHO in meningioma. There was no significant correlation between MMP9 expression and grading based on WHO in meningioma. There is a significant negative correlation of expression between PR and MMP9 in meningioma.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423060020
Uncontrolled Keywords: meningioma, PR, MMP9
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.07 Pathology
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:54
Last Modified: 03 Nov 2023 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204296
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggie Sasmita Kharisma P.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item