Perumusan Strategi Pada Umkm Batik Bojonegoro “Makni” Di Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro

Kyswantoro, Aditya Firdaus and Sri Palupi Prabandari, SE.,MM., Ph. D (2023) Perumusan Strategi Pada Umkm Batik Bojonegoro “Makni” Di Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peruhaan Konveksi batik di Bojonegoro memiliki jumlah yang semakin meningkat, baik dari usaha berskala besar maupun UMKM. Hal ini membuat persaingan yang ada menjadi semakin kompetitif,. Pentingnya perencanan dan perumusan strategi yang matang merupakan kunci agar pengembangan bisnis bagi setiap usaha agar dapat memiliki keunggulan bersaing. Batik Jonegoroan MAKNI merupakan perusahaan konveksi batik yang berfokus pada batik motif ciri khas Bojonegoro. Batik Jonegoroan MAKNI menjalankan usahanya masih minim dalam perencanaan dan pemasaran yang masih mengandalkan metode mulut ke mulut (word of mouth). Penelitian ini bertujuan untuk memutuskan strategi pengembangan usaha yang tepat untuk Batik Jonegoroan MAKNI dengan melakukan identifikasi terhadap lingkungan internal dan eksternal yang ada. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal, dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu Matriks IFE-EFE, SWOT, IE. Hasil akhir dari penlitian ini menunjukan bahwa strategi yang paling tepat untuk diterapkan Batik Jonegoroan MAKNI adalah strategi penetrasi pasar.

English Abstract

The number of batik ready-to-wear companies in Bojonegoro is increasing, ranging from micro to large-scale businesses. This increases the competition among them, and thus well-planned strategies for higher competitive advantage are key for their development. Batik Jonegoroan MAKNI is a batik ready-to-wear company focusing on Bojonegoro unique motives. Its business is still low in planning and marketing, relying mostly on word of mouth. The objective of this research is to help the company find the most suitable development strategy. To attain the goal, this qualitative descriptive case study analyzes the company’s internal and external environments based on the primary data obtained from interviews and secondary data in forms of documents, journal, and so on. The analysis using IFE-EFE matrix, SWOT matrix, and IE matrix have led to a conclusion that the most appropriate strategy for Batik Jonegoroan MAKNI is market penetration.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020064
Uncontrolled Keywords: konveksi, keunggulan bersaing, strategi penetrasi pasar
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:41
Last Modified: 03 Nov 2023 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204293
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aditya Firdaus Kyswantoro.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item