Manfaat Discount dan Cashback Pada Peningkatan Transaksi dan Layanan Digital Pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Manukan Surabaya

Rahmadania, Natasya and Amelia Ika Pratiwi,, SE., AK., MSA., CA., CRP. (2022) Manfaat Discount dan Cashback Pada Peningkatan Transaksi dan Layanan Digital Pada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Manukan Surabaya. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi pemasaran sangat penting untuk keberlangsungan dan kemajuan sebuah perusahaan. Dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk bisa mencapai tujuan perusahaan.Dengan adanya pandemi covid ini, di PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Cabang Manukan Surabaya telah mengadakan banyak kegiatan, yang mana kegiatan ini diadakan oleh marketing merchant untuk UMKM yang sudah bekerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Cabang Manukan Surabaya agar memperbanyak transaksi dengan cara mengadakan discount dan cashback yang sangat tinggi sehingga dapat menarik pelanggan., Obyek tugas akhir ini adalah strategi pemasaran e-channel di PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Cabang Manukan Surabaya.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode penelitian campuran, yakni gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Kuantitatif dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner, Sedangkan kualitatif dilakukan secara observasi dan wawancara. Strategi pemasaran e-channel di PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Cabang Manukan Surabaya adalah dengan pemberian discount dan cashback kepada nasabah. Layanan e-channel yang sering digunakan nasabah menurut kuisioner yang dibagikan oleh penulis adalah BRIZZI dan BRIMO. Hasil dari peneltiaina ini yakni, manfaat yang didapat antara lain meningkatkan minat nasabah untuk berbelanja dengan merchant yang bekerjasama, meningkatkan penghasilan merchant, membantu UMKM dalam memperkenalkan produknya pada masyarakat luas serta nasabah dapat membeli barang/ deals dengan harga yang lebih terjangkau. Adapun hambatan layanan e-channel BRIZZI dalam strategi pemasaran di PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Cabang Manukan Surabaya antara lain : fasilitas sensor BRIZZI yang kurang memadai pada merchant, kerusakan kartu BRIZZI ketika sudah dipakai dan kartu BRIZZI tidak bisa ditunaikan. Sedangkan hambatan layanan e-channel strategi pemasaran di PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Cabang Manukan Surabaya antara lain : koneksi BRIMO yang kerap kali terputus, jaringan perbaikan layanan BRIMO dan keterampilan nasabah yang berusia lanjut dalam mengoperasikan layanan BRIMO.

English Abstract

Marketing strategy is very important for the sustainability and progress of a company. With this covid pandemic, PT Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Manukan Surabaya Branch has held many activities, which are held by merchant marketing for MSMEs that have collaborated with PT Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Manukan Surabaya Branch in order to increase transactions by holding very high discounts and cashbacks so as to attract customers. The object of this final project is the e-channel marketing strategy at PT Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Manukan Surabaya Branch.The data collection method used is a mixed research method, which is a combination of qualitative and quantitative research. Quantitative is done by distributing questionnaires, while qualitative is done by observation and interviews. The e-channel marketing strategy at PT Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Manukan Surabaya Branch is to provide discounts and cashback to customers. E-channel services that are often used by customers according to questionnaires distributed by the author are BRIZZI and BRIMO. The results of this research, namely, the benefits obtained include increasing customer interest in shopping with cooperating merchants, increasing merchant income, helping MSMEs in introducing their products to the wider community and customers can buy goods / deals at more affordable prices. The barriers to BRIZZI e-channel services in marketing strategies at PT Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Manukan Surabaya Branch include: inadequate BRIZZI sensor facilities at merchants, damage to BRIZZI cards when they are used and BRIZZI cards cannot be paid off. While the obstacles of e-channel service marketing strategies at PT Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Manukan Surabaya Branch include: BRIMO connections that are often interrupted, BRIMO service repair networks and aged customer skills in operating BRIMO services.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0522170096
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, discount dan cashback, PT. Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Cabang Manukan Surabaya.-Marketing strategy, discount and cashback, PT Bank Rakyat Indonesia, Persero Tbk Manukan Surabaya Branch. Translated with
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:21
Last Modified: 07 Nov 2023 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204285
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Natasya Rahmadania.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item