Pemanfaatan Instagram Ads Untuk Optimalisasi Social Media Marketing : Studi Kasus Akun Instagram @Tsel_Malang

Aldisa, Naqiya and Eka Ratri Noor Wulandari, S.Si, M.Si, M.Sc (2023) Pemanfaatan Instagram Ads Untuk Optimalisasi Social Media Marketing : Studi Kasus Akun Instagram @Tsel_Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transformasi digital berpengaruh pada penggunaan media sosial contohnya Instagram. Instagram telah menyediakan fitur instagram ads untuk beriklan. Pemanfaatan instagram ads untuk optimalisasi social media marketing pada studi kasus akun instagram @tsel_malang ini dilakukan dengan tahapan dimulai dari konten yang telah diposting pada instagram @tsel_malang, kemudian terdapat 5 konten yang diiklankan menggunakan instagram ads melalui meta business suite, selanjutnya dilihat performa hasil iklan tersebut setelah berjalan. Berdasarkan 5 konten yang sudah diiklankan, selanjutnya dilakukan perbandingan hasil iklan melalui insight dengan 5 konten yang tidak diiklankan pada akun tersebut. Hasil dari perbandingan antara 5 konten tersebut yaitu penggunaan instagram ads sangat berpengaruh pada jumlah jangkauan audiens yang dicapai serta kunjungan profil yang bertambah dan adanya interaksi konten untuk akun instagram @tsel_malang. Terdapat konten iklan dengan hasil terbaik yaitu pada konten ketiga yang berisi tentang event perlombaan sepak bola di Indonesia dengan performa iklan dari meta business suite dan juga insight yang jauh dari jangkauan rata – rata dari 4 konten iklan lainnya. Maka penggunaan instagram ads ini sangat bermanfaat sebagai media pemasaran secara online yang dapat dioptimalisasi untuk social media marketing.

English Abstract

Digital transformation affects the utilization of social media, for example, Instagram. Instagram has provided the Instagram ads feature for advertising. The benefits of using Instagram ads for optimizing social media marketing in the case study of the @tsel_malang Instagram account is carried out with stages starting from content that has been posted on Instagram @tsel_malang, then there are 5 contents advertised using Instagram ads through the meta business suite, to see that performance of the ad results. Based on the 5 content that has been advertised, then a comparison of the results of the ad through insight is carried out with 5 content that is not advertised on that account. The result of the comparison between the 5 contents by using Instagram ads is giving the impact growth number of reach of audience, increased profile visits and content interaction for the @tsel_malang Instagram account. There is advertising content with the best results, namely in the third content which contains football competition events in Indonesia with ad performance from the meta business suite and also insights that are far from the average reach of the other 4 ad content. So the use of Instagram ads is very useful as an online marketing that can be optimized for social media marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170135
Uncontrolled Keywords: Instagram, Instagram Ads, Meta Business Suite, Social Media Marketing-Instagram, Instagram Ads, Meta Business Suite, Social Media Marketing
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:03
Last Modified: 06 Nov 2023 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204279
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Naqiya Aldisa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item