Hubungan antara Screen Time pada Anak dengan Perkembangan Emosional Anak Prasekolah (4-6 Tahun) di TK Bustanul Athfal Restu I Kota Malang.

Pradhani, Afriza Arlinda and dr. Happy Kurnia Permatasari, Ph.D., and dr. Melany Farahdilla, Sp.A., M.Kes, (2023) Hubungan antara Screen Time pada Anak dengan Perkembangan Emosional Anak Prasekolah (4-6 Tahun) di TK Bustanul Athfal Restu I Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Screen time (waktu layar) merupakan waktu yang digunakan untuk berada di depan perangkat layar seperti ponsel, televisi, komputer dengan berbagai fitur aplikasi yang ditampilkan pada layar sebagai suatu kegiatan setiap hari yang dilakukan. Pemberian waktu layar pada anak yang dilakukan pada anak usia prasekolah membutuhkan pengawasan dari orang tua untuk pendampingan dengan mempertimbangkan dampak positif penggunaan screen time pada anak meliputi stimulasi perkembangan anak, meningkatkan rasa ingin tahu, sebagai media pembelajaran dan edukasi serta mengasah keterampilan motorik selain itu dampak negatif penggunaan gawai adalah terbatasnya komunikasi dan interaksi aktif anak dengan lingkungan sekitar, menimbulkan afeksi emosi negatif pada anak, serta pada penggunaan screen time yang berlebihan dapat meningkatkan risiko keterlambatan perkembangan pada anak. Anak Prasekolah termasuk pada fase usia kritis dimana pada periode emas atau golden age perkembangan serta pertumbuhan anak berlangsung secara cepat dan optimal sehingga menentukan tingkat kecerdasan dan kesiapan menuju pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara screen time pada anak dengan emosional anak prasekolah pada tahun 2023 di TK BA Restu I Kota Malang. dengan desain penelitian observasional dan pendekatan cross-sectional terhadap 53 responden penelitian diambil menggunakan metode total sampling. Analisa data pada hubungan screen time pada anak dengan perkembangan anak prasekolah (usia 4-6 tahun) di TK BA Restu I Kota Malang menggunakan Uji Kruskal Wallis dengan nilai p = 0,440 (p>0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil penelitian perkembangan emosional pada anak prasekolah dengan intensitas screen time pada anak sehingga penggunaan screen time pada anak harus dengan batasan dan pengawasan dari orang tua yang disesuaikan pada usia anak.

English Abstract

Screen time is the time spent in front of screen devices such as cellphones, televisions, computers with various application features that are displayed on the screen as an activity that is carried out every day. Providing screen time to children carried out in preschool age children requires supervision from parents for assistance by considering the positive effects of using screen time on children including stimulating child development, increasing curiosity, as a medium of learning and education and honing motor skills in addition to negative impacts. The use of devices is limited to children's active communication and interaction with the surrounding environment, causing negative emotional effects on children, and excessive use of screen time can increase the risk of developmental delays in children. Preschool children are included in the critical age phase where in the golden period or golden age the development and growth of children takes place quickly and optimally so that it determines the level of intelligence and readiness for further education. This study aims to determine the relationship between screen time in children and the emotions of preschool children in 2023 at TK BA Restu I Malang Regency with an observational research design and a cross-sectional approach to 53 research respondents taken using the total sampling method. Data analysis on the relationship between screen time in children and the development of preschool children (age 4-6 years) at TK BA Restu I Malang Regency used the Kruskal Wallis Test with a value of p = 0.440 (p>0.05). It can be concluded that there is no significant difference in the results of research on emotional development in preschool children with the intensity of screen time in children so that the use of screen time in children must be limited and supervised by parents according to the child's age.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523060049
Uncontrolled Keywords: screen time, gawai, golden age, perkembangan emosional, anak prasekolah.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:45
Last Modified: 02 Nov 2023 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204233
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Afriza Arlinda Pradhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (31MB)

Actions (login required)

View Item View Item