Febriyanti, Monica and Saiful Rahman Yuniarto,, S.sos. MAB (2023) Peran Sekretaris Dalam Meningkatkan Efisiensi Kerja Pimpinan (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Madiun). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada suatu organisasi sangat memerlukan adanya sumber daya manusia sebagai faktor pendukung dan penentu keberhasilan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran sekretaris dalam meningkatkan efisiensi kerja pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran sekretaris bagi pimpinan sangat penting, seorang sekretaris berperan sebagai pembantu pimpinan dalam rangka memperlancar tugas pokok sehingga dapat selesai dengan tepat, cepat, lebih efektif dan lebih efisien. Tanpa kehadiran seorang sekretaris maka pekerjaan pimpinan akan terhambat baik dalam segi tenaga, pikiran, dan waktu sehingga berkurangnya efisiensi kerja. Peran sekretaris meliputi sebagai penjaga atau beranda perusahaan, filter dan pengelola informasi, asisten pribadi atau tangan kanan pimpinan, secret keeper atau pemegang rahasia, sebagai penasihat, penghubung atau humas dan sebagai pelindung. Dari semua peran sekretaris keseluruhannya dapat berkontribusi pada meningkatkan efisiensi kerja pimpinan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis kembali dan ditarik kesimpulan.
English Abstract
An organization really needs human resources as a supporting and determining factor of the organization's success. This study aims to find out how the secretary's role in improving the leadership's work efficiency of the Madiun Regency National Amil Zakat Board. The results show that the secretary's role for leadership is very important. A senior secretary as an assistant to the leadership works to expedite the main tasks so that all tasks can be completed properly, quickly, more effectively and more efficiently. Without the presence of a secretary, the leadership's work will be hampered both in terms of energy, thought, and time so that work efficiency is reduced. The secretary's role includes being a guard or corporate veranda, filtering and managing information, personal assistant or right-hand man, secret keeper or secret holder, as an adviser, liaison or public relations and as a protector. Of all the roles of the secretary as a whole can contribute to improving the work efficiency of the leadership. In this study, the author used a qualitative descriptive method with data collection carried out by observation, interviews and documentation. Then the data was analyzed again and conclusions were drawn.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170120 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Sekretaris, Sekretaris, Efisiensi Kerja-Secretary Role, Secretary, Work Efficiency |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 02:02 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 02:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204224 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Monica Febriyanti.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |