Pengembangan Produk Dengan Pendekatan Design Thinking Pada Infires Lab

Layyina, Annisa Kamil and Ananda Sabil Hussein, SE., M.Com., Ph. D, CMA. (2023) Pengembangan Produk Dengan Pendekatan Design Thinking Pada Infires Lab. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan pengembangan produk yang tepat bagi perusahaan Infires Lab yang bergerak pada industri merchandise K-Pop. Design Thinking terdiri dari lima tahapan yakni empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif dengan pendekatan Design Thinking. Informan pada penelitian ini adalah kolektor merchandise K-Pop yang merupakan users dari Infires Lab. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan kuesioner. Hasil analisa Design Thinking menunjukkan bahwa users membutuhkan produk khusus yang dapat melindungi koleksi photocard dari kerusakan, produk yang kuat, tidak terlalu kecil sehingga mudah ditemukan, disertai dengan nilai estetika dari segi warna dan desain yang dirancang. Berdasarkan hasil akhir uji kegunaan pada pengguna dan target pengguna, prototype yang dihasilkan pada penelitian ini sudah memenuhi kebutuhan pengguna dan kolektor merchandise K-Pop.

English Abstract

This research was conducted to produce an appropriate product development for Infires Lab, a company engaged in K-Popo merchandise industry. The approach used in this qualitative descriptive research is design thinking, which consists of five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. The informants are collectors of K-Pop merchandise who are also the users of Infires Lab. The data was harvested from semi-structured interviews, observations, and questionnaires. The results of the design thinking analysis indicate that users need special and sturdy products that can protect photocard collections from damage, which are not too small so that they can be found easily, and which are aesthetic in terms of color and design. Based on the results of the usefulness test conducted on users and target users, the produced prototype has fulfilled the need of the users and the K-Pop merchandise collectors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020049
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Inovasi, Pengembangan Produk, K-Pop, Merchandise,design thinking, innovation, product development, K-Pop, merchandise
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:42
Last Modified: 02 Nov 2023 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204215
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- Annisa Kamil Layyina.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item