Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang

Denita, Marsha Putri and Hapsari Dian Sylvatri,, S.S., M.I.Kom. (2023) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesejahteraan masyarakat Indonesia merupakan tanggung jawab negara, dimana negara harus mampu untuk mengupayakan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Salah satu bentuk menjadikan negara yang sejahtera adalah dengan menyelenggarakan sistem jaminan sosial. Penyelenggara program jaminan sosial yang dimaksud diserahkan kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dibentuk dengan undang-undang dan disingkat menjadi BPJS. Untuk mengefisienkan peluang pada sasaran yang dibutuhkan, maka penting bagi perusahaan untuk memberikan penjelasan dan pelayanan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan pasar, maka dari itu dibutuhkannya strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran program jaminan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, menganalisisnya kemudian memberikan saran jenis pemasaran apa yang sesuai untuk menambah kepesertaan pada BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan oleh penulis dengan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang. Data yang didapat saat wawancara dan observasi di jabarkan dalam bentuk paragraf deskriptif. Starategi yang digunakan oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam memasarkan programnya yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Hasil dari penulisan tugas akhir ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan sudah mencapai sempurna namun masih terdapat beberapa kendala yang diatasi penulis dengan cara membuat campaign dengan Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia).

English Abstract

The welfare of the Indonesian people is the responsibility of the state, where the state must be able to seek social welfare for all Indonesian people. One form of making the country prosperous is by implementing a social security system. The organizer of the social security program in question is handed over to the Social Security Administering Body which is formed by law and abbreviated as BPJS. To streamline opportunities for the target needed, it is important for companies to provide explanations and services that are in accordance with what the market needs, therefore a marketing strategy is needed. The purpose of this study is to find out how the marketing strategy for the BPJS Ketenagakerjaan Malang Branch guarantee program is, to analyze it and then to provide advice on what type of marketing is appropriate to increase membership in the BPJS Ketenagakerjaan. The method used in writing the final assignment is descriptive qualitative with data collection methods through observation, interviews and documentation conducted by the author with employees of the BPJS Ketenagakerjaan Malang Branch. The data obtained during interviews and observations are described in the form of descriptive paragraphs. The strategy used by Employment BPJS in marketing its program is by using the 4P marketing mix, namely Product, Price, Place and Promotion. The results of writing this final project show that the strategy used has reached perfection but there are still several obstacles that the author overcomes by creating a campaign with Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia).

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170113
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Strategi Pemasaran, STP, Bauran Pemasaran, Kampanye-Marketing, Marketing Strategy, STP, Marketing Mix, Campaign
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:23
Last Modified: 03 Nov 2023 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204211
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marsha Putri Denita.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item