Salsabillah, Mahanita Putri and Budi Fajar Supriyanto,, S.Kom, M.Kom (2023) Penggunaan Google Tag Manager pada Website guna Melacak Kegiatan Pengguna (Studi Kasus thedouffies.com). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan google tag manager pada website guna melacak kegiatan pengguna untuk mengetahui banyaknya minat pengguna terhadap pemasangan tag scroll dan tag click button. Dalam mengetahui hal tersebut, dilakukan penautan tags dari google tag manager terhadap website melalui google ads sebagai akuisisi data guna mendatangkan visitor, kemudian hasil dari iklan tersebut terekam pada google analytics selama lima hari penelitian berlangsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis menggunakan microsoft excel dan melalui proses filtering data yaitu mengambil data yang dibutuhkan untuk penelitian ini saja. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data keseluruhan dari jumlah tag scroll dan jumlah tag click button dengan total sebanyak 78 pengguna, yang terdiri dari 56 pengguna atau sebesar 72% pengguna yang melakukan scroll dan 22 pengguna atau sebesar 28% yang melakukan click button, dengan demikian pengguna lebih minat melakukan kegiatan berupa scroll daripada melakukan click button pada website, sehingga membuktikan bahwa google tag manager dapat melacak pengguna website, hal ini menjawab permasalahan dari penelitian ini. Penelitian ini terbatas pada penggunaan tag yang dipasang pada website dan terdapat hasil perbedaan yang jauh dari pemasangan kedua tag, diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti hal tersebut lebih lanjut serta menambah variasi dari pemasangan tag lebih mendalam dengan biaya dan waktu yang lebih memadai.
English Abstract
Use google tag manager on the website to track user activity to find out how much user interest in installing scroll tags and click button tags. In knowing this, linking the s tag from google tag manager to the website through google ads as data acquisition to bring visitors, then the results of the ads were recorded in google analytics during the five days of research. The research method used is quantitative with analysis using microsoft excel and through the data filtering process, which is taking the data needed for this research only. The results of the study showed that the overall data of the number of scroll tags and the number of click button tags with a total of 78 users, consisting of 56 users or 72% of users who scroll and 22 users or 28% who click buttons, thus users are more interested in doing activities in the form of scrolling than clicking buttons on the website, thus proving that google tag manager can track website users, this answers the problem of this research. This study is limited to the use of tags installed on the website and there are far differences in the installation of the two tags, it is hoped that further researchers can investigate this further and add variations of tag installation more in-depth with more adequate cost and time.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170111 |
Uncontrolled Keywords: | website, google tag manager, melacak kegiatan pengguna-website, google tag manager, track user activity |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 07:22 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204208 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mahanita Putri Salsabillah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |