Upaya Peningkatan Disiplin Kerja pada Karyawan Generasi Milenial di Grand Keisha Hotel Yogyakarta

Wahyuningrum, Lola Sri and Susilowati,, S.Sos, M.AB (2023) Upaya Peningkatan Disiplin Kerja pada Karyawan Generasi Milenial di Grand Keisha Hotel Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan disiplin kerja karyawan generasi milenial dan mengetahui upaya dalam meningkatkan disiplin kerja khususnya pada karyawan generasi milenial di Grand Keisha Hotel Yogyakarta yang rentan melanggar suatu peraturan karena alasan atau faktor yang kemungkinan dibuat-buat oleh karyawan sendiri. Penelitian dilakukan di Grand Keisha Hotel Yogyakarta dengan sampel yaitu karyawan yang termasuk dalam generasi milenial dan pimpinan-pimpinan yang bertanggung jawab dalam pengembangan Sumber Daya Manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan teknik purposive sampling yang dalam pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, penyebaran kuesioner terbuka kepada karyawan generasi milenial, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek ketaatan pada peraturan kerja masih kurang karena mayoritas karyawan generasi milenial di Grand Keisha Hotel Yogyakarta banyak yang melanggar peraturan yaitu terlambat masuk kerja dan penggunaan gadget di jam kerja. Dari perilaku karyawan generasi milenial yang melanggar peraturan, pimpinan terus berupaya untuk meningkatkan kedisiplinan melalui menjaga penilaian kerja karyawan secara teratur, melakukan pendekatan intens, memberikan contoh perilaku yang baik kepada karyawan generasi milenial, memberikan refresh training, memberikan sosialisasi, memberikan bonus, memberikan teguran, memberikan reward kepada karyawan generasi milenial di Grand Keisha Hotel Yogyakarta.

English Abstract

This study aims to find out how the implementation of work discipline of millennial generation employees and find out efforts to improve work discipline, especially for millennial generation employees at Grand Keisha Hotel Yogyakarta who are vulnerable to violating a regulation for reasons or factors that may be made up by employees themselves. The research was conducted at Grand Keisha Hotel Yogyakarta with a sample of employees belonging to the millennial generation and responsible leaders for Human Resources Development. This study uses qualitative methods with a descriptive approach using purposive sampling techniques which in data collection are obtained through interviews, observation to employees through the distribution of open questionnaires, and documentation. The results showed that from the aspect of compliance with work regulations is still lacking because the majority of millennial generation employees at Grand Keisha Hotel Yogyakarta violate many regulations, namely late entry to work and the use of gadgets during working hours. From the behavior of millennial generation employees who violate regulations, the leadership continues to improve discipline by maintaining regular employees performance appraisals, taking an intense approach to providing good behavior examples to millennial generation employees, providing refresh training, giving socialization, giving bonuses, giving reprimands, and giving rewards to millennial generation employees at Grand Keisha Hotel Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170108
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja dan Karyawan Generasi Milenial-Work Discipline and Millennial Generation Employees
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:20
Last Modified: 03 Nov 2023 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204202
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lola Sri Wahyuningrum.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item