Laili, Marselia and Mega Ulfah, SST., M. Keb, and dr. Melany Farahdila, Sp.A., M. Kes (2023) Hubungan Pola Asuh dan Kelekatan Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK IT Assalam Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan secara simultan. Pada masa ini, anak usia prasekolah rentan terhadap gangguan perkembangan. Perkembangan kemandirian pada anak dapat dipengaruhi oleh interaksi antara anak dan orang tua. Orang tua mempunyai peran penting untuk merangsang perkembangan kemandirian anak. Pola asuh dan pola kelekatan antara orang tua dan anak merupakan proses interaksi untuk membentuk kemandirian pada anak sedini mungkin. Secara umum tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan pola asuh dan kelekatan orang tua dengan perkembangan kemandirian pada anak usia prasekolah. Pada penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun di TK IT Assalam. Sampel dipilih dengan cara total sampling yaitu sebanyak 40 sampel. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan kuesioner pola asuh, pola kelekatan, dan kemandirian anak pada orang tua. Uji statistik Fisher’s Exact Test digunakan sebagai analisis variabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan sebesar 0,001 pada pola asuh demokratis dan kelekatan aman dengan kemandirian anak. Kesimpulannya, adanya hubungan pola asuh demokratis dan kelekatan aman pada orang tua dengan kemandirian anak usia prasekolah di TK IT Assalam
English Abstract
Growth and development are two processes that simultaneously. At this time attention needed because the growth and development of children is vulnerable to developmental disorders. The development of independence in children can be influenced by interactions between children and parents. The pattern of parenting and attachment was a process of interaction to form independence in children as early as possible. In general, the purpose of the study was determined whether a relationship of parenting pattern and parental attachment with the development of independence in preshoolers aged. Research respondents were parents who have children aged 4-5 years in Assalam Kindergarten. The sample was chosen by total sampling and the result is 40 samples. The data were collected by giving the parenting and self-reliance questionnaire to the parents. Fisher's Exact Test statistic used as a variable analysis. The results showed a correlation of 0.001 in parents pattern and attachment. Conclusion, there is relationship between democratic parenting and secure attachment with independence of preschool age children in Assalam Kindergarten. Parents who applied democratic parenting and secure attachment to their children have independence children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523060036 |
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, kelekatan, kemandirian anak, usia prasekolah |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 03:17 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 03:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204182 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marselia Laili.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |