Penerapan Sistem Marketing Intelligence Dalam Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel

Trisnandhini, Laras Wieke and Susilowati,, S.Sos, M.AB (2023) Penerapan Sistem Marketing Intelligence Dalam Upaya Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Marketing intelligence merupakan sebuah sistem yang direncanakan untuk memperoleh informasi dari pihak pesaing yang kemudian akan dianalisis oleh perusahaan yang nantinya akan menghasilkan data untuk strategi persaingan kompetitif. Marketing Intelligence memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan dalam mempertahankan keunggulan kompetitif dalam persaingan yang cukup ketat. Perusahaan menerima informasi tentang informasi dari pesaing, dan perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi ini. Penyusunan tugas akhir ini bertujuan mengetahui pelaksanaan, serta kendala dalam pelaksanaan sistem marketing intelligence dalam upaya meningkatkan keunggulan kompetitif pada Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel. Penyusunan tugas akhir dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Dari hasil penyusunan tugas akhir, diketahui bahwa pelaksanaan sistem marketing intelligence ini dianggap efektif oleh pihak Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel karena dengan adanya kegiatan ini dapat membandingkan pihak Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel dengan hotel kompetitor dalam hal perbandingan data produk pesaing, data promosi pesaing, data strategi pesaing, harga pesaing, dan sangat mempengaruhi pasar yang ada. Untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan, sebaiknya perusahaan selalu melakukan kegiatan marketing intelligence dan selalu memperhatikan persaingan yang ketat dalam dunia pemasaran.

English Abstract

Marketing intelligence is a system that is planned to obtain information from competitors which will then be analyzed by the company which will later produce data for competitive strategy. Marketing Intelligence plays a very important role for companies in maintaining a competitive advantage in a fairly tight competition. Companies receive information about information from competitors, and companies can make decisions based on this information. The preparation of this final project aims to determine the implementation, as well as the constraints in implementing the marketing intelligence system in an effort to increase competitive advantage at Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel. The preparation of this final project was carried out using a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques include observation and interviews. From the results of the final project it is known that the application of the marketing intelligence system is considered effective by Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel because this activity can compare Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel with competing hotels in terms of comparison of competitor products. data, competitor promotion data, competitor strategy data, competitor prices, and greatly influence existing markets. To maintain the survival of the company, companies must always carry out marketing intelligence activities and always pay attention to the intense competition in the world of marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170104
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Marketing Intelligence, Keunggulan Kompetitif-Application, Marketing Intelligence, Competitive Advantage
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:21
Last Modified: 03 Nov 2023 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204176
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Laras Wieke Trisnandhini.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item