Elizya STT, Lavenia and Dr. dr. Krisni Subandijah, Sp.A(K) and Mergy Gayatri, S.S.T., Msc. (2023) Pengaruh Permainan Edukasi “Puzzlo Puzzle” Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun (Di TK AL-Hidayah Plus Kota Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Stimulasi merupakan kegiatan merangsang otak anak untuk memaksimalkan potensi tumbuh kembang anak sesuai tahapan usianya, termasuk kemampuan motorik halus dan kognitif anak. Salah satu permainan edukasi yang dapat digunakan yaitu puzzlo puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mainan edukasi “Puzzlo Puzzle” terhadap peningkatan kemampuan motorik halus dan kognitif anak usia 4-5 tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pra-eksperimen dengan pendekatan one group pretest posttest design. Responden berjumlah 36 orang. Pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuisioner perkembangan motorik halus dan kognitif anak usia 4-5 tahun. Data ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan diolah menggunakan uji statistika paired t test. Hasil penelitian yaitu didapatkan adanya hubungan antara permainan edukasi puzzlo puzzle terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun dengan p value 0.000 (<0,05), ada hubungan antara permainan edukasi puzzlo puzzle terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dengan p value 0.000 (<0,05). Dengan demikian , dapat disimpulkan bahwa permainan edukasi “puzzlo puzzle” memiliki hubungan dengan peningkatan kemampuan motorik halus dan kognitif anak usia 4-5 tahun, sehingga perlu dimaksimalkan oleh orang tua maupun guru dalam proses pendidikan anak.
English Abstract
Stimulation plays a crucial role in maximizing the growth and development of children by targeting their specific age-related cognitive and fine motor skills. This study aims to investigate the effectiveness of the educational toy "Puzzlo Puzzle" in improving the fine motor and cognitive abilities of children aged 4-5 years. The research design employed a pre-experimental approach with a one-group pretestposttest design. A total of 36 participants were included, and primary data was collected through questionnaires assessing fine motor and cognitive development. The data were analyzed using frequency distribution tables and the paired t-test. The results indicated a significant relationship between the utilization of the puzzlo puzzle educational game and the improvement of both fine motor skills (p < 0.05) and cognitive abilities (p < 0.05) in children aged 4-5 years. Therefore, parents and educators should maximize the use of the "Puzzlo Puzzle" educational game in the child's educational journey.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523060034 |
Uncontrolled Keywords: | Stimulasi, Puzzlo Puzzle, Motorik Halus, Kognitif, Anak 4-5 Tahun. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 01:44 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 01:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204173 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lavenia Elizya STT.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |