Pengelolaan Surat Masuk Menggunakan Media Dropbox untuk Meminimalisir Miskomunikasi dan Pemborosan (Studi Kasus Pada Bagian Kesekretariatan LPP RRI Malang)

Kusalfiwardani, Lail and Dr. Drs. Dwiatmanto, M.Si (2023) Pengelolaan Surat Masuk Menggunakan Media Dropbox untuk Meminimalisir Miskomunikasi dan Pemborosan (Studi Kasus Pada Bagian Kesekretariatan LPP RRI Malang). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelolaan surat masuk merupakan suatu proses penerimaan surat yang dilaksanakan oleh suatu instansi. LPP RRI Malang dalam mengkomunikasikan informasi melalui surat dilaksanakan secara konvensional atau manual. Pengelolaan surat masuk secara manual menyebabkan pemborosan kertas serta terjadinya miskomunikasi di LPP RRI Malang yang dapat memperlambat kinerja pegawai. Oleh karena itu, penerapan dropbox dalam pengelolaan surat masuk di bagian kesekretariatan LPP RRI Malang dapat mempermudah kinerja dan mendukung paperless office. Tujuan yang dinginkan adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan surat masuk menggunakan media dropbox untuk meminimalisir miskomunikasi dan pemborosan pada bagian kesekretariatan LPP RRI Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang pegawai tata usaha bagian SDM di LPP RRI Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dropbox merupakan aplikasi yang efektif karena dapat memenuhi syarat sebagai sistem yang baik, memenuhi ukuran efektivitas sistem informasi, dapat meminimalisir miskomunikasi dan pemborosan yaitu mengurangi kertas kurang lebih sebesar 10%, serta mendapatkan respons positif dari pihak LPP RRI Malang.

English Abstract

Incoming mail management is a process of receiving mail carried out by an agency. LPP RRI Malang in communicating information through letters is carried out conventionally or manually. Manual management of incoming letters causes waste of paper and miscommunication at LPP RRI Malang which can slow down employee performance. Therefore, the application of dropboxes in the management of incoming letters in the secretarial department of LPP RRI Malang can facilitate performance and support a paperless office. The desired goal is to describe the management of incoming letters using dropbox media to minimize miscommunication and waste in the secretarial department of LPP RRI Malang. The research method used is descriptive research with a qualitative approach. The subjects in this study were three administrative employees of the HR department at LPP RRI Malang. The data collection techniques used were observation, interview and documentation. The results showed that dropbox is an effective application because it can meet the requirements of a good system, meet the measures of information system effectiveness, can minimize miscommunication and waste, namely reducing paper by approximately 10%, and get a positive response from LPP RRI Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170099
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Surat Masuk, Dropbox, Miskomunikasi, Pemborosan-Incoming Mail Management, Dropbox, Miscommunication, waste
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:51
Last Modified: 02 Nov 2023 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204170
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lail Kusalfiwardani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item