Hubungan Antara Prematuritas dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di TK Kecamatan Lowokwaru Kota Malang

Agya, Khanza Dzikra and Dr. dr. Wisnu Barlianto, M.Si.Med, Sp.A(K), and Krisjentha Iffah Agustasar, S.Keb, Bd, M.Kes, (2023) Hubungan Antara Prematuritas dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun di TK Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang: Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan emosional pada anak yaitu prematuritas. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara prematuritas dengan perkembangan emosional anak usia 4-6 tahun di TK Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Metode: Penelitian ini yaitu menggunakan cross sectional study. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah responden 39 dengan riwayat kelahiran prematur serta dengan teknik sampel total. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan emosi tidak normal lebih banyak dialami oleh anak dengan riwayat kelahiran sangat prematur sedangkan perkembangan emosi normal lebih banyak dialami oleh anak dengan riwayat kelahiran prematur sedang dengan p-value lebih kecil dari α (0,05). Analisis multivariat variabel prematuritas, riwayat ASI eksklusif, pendidikan ibu, dan status ekonomi tidak berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak karena nilai p-value lebih besar dari α (0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara prematuritas dengan perkembangan emosional anak usia 4-6 tahun di TK Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

English Abstract

Background: Prematurity is one factor that influences children's emotional development. Objective: To determine the relationship between prematurity and the emotional development of children aged 4-6 years in Kindergarten, Lowokwaru District, Malang City. Methods: This study used a cross-sectional study. Data collection using a questionnaire. The respondents were 39 with a history of premature birth and with the total sample technique. Results: The results showed that abnormal emotional development was more experienced by children born very prematurely.In contrast, normal emotional development was more experienced by children born with moderate preterm births with a p-value less than α (0.05). Multivariate analysis of the variables of prematurity, history of exclusive breastfeeding, mother's education, and economic status did not affect children's emotional development because the p-value was more significant than α (0.05). Conclusion: There is a relationship between prematurity and the emotional development of children aged 4-6 years in Kindergarten, Lowokwaru District, Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523060033
Uncontrolled Keywords: Prematuritas, Perkembangan Emosional Anak, ASI Eksklusif, Pendidikan Ayah, Pendidikan Ibu, Status Ekonomi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2023 08:36
Last Modified: 31 Oct 2023 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204169
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Khanza Dzikra Agya.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item