Prosedur Pengelolaan Surat Masuk Dalam Menunjang Keefektifan Pengarsipan Menggunakan Aplikasi Sepasi (Sistem Elektronik Pengelolaan Arsip Surat Internal) Pada Kantor Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban

Azizah, Ghina Sofarina Nur and Dr. Drs. Dwiatmanto,, Msi (2023) Prosedur Pengelolaan Surat Masuk Dalam Menunjang Keefektifan Pengarsipan Menggunakan Aplikasi Sepasi (Sistem Elektronik Pengelolaan Arsip Surat Internal) Pada Kantor Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengelolaan surat masuk berbasis website SEPASI (Sistem Elektronik Pengelolaan Arsip Surat Internal) pada Kantor Kecamatan Bangilan, Kab. Tuban dan solusi untuk meningkatkan keefektifan pengarsipan surat. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Pencatatan surat masuk di Kantor Kecamatan Bangilan masih menggunakan buku agenda surat masuk. (2) Pada Bulan November 2022, Aplikasi SEPASI milik Kantor Kecamatan Bangilan sudah mulai digunakan, dan sudah mulai efektif mulai dari Desember 2022 hingga saat ini. (3) Pengelolaan surat masuk menggunakan Aplikasi SEPASI pada Kantor Kecamatan Bangilan lebih efektif dan efisien diaplikasikan daripada menggunakan pengelolaan surat masuk secara manual menggunakan buku agenda surat masuk.

English Abstract

This research aims to find out how the procedures for managing incoming mail based on the SEPASI website (Electronic System for Managing Internal Mail Archives) at the Bangilan District Office, Tuban Regency and solutions to increase the effectiveness of letter archiving. The method used in this final project is descriptive qualitative with data collection techniques namely observation, interviews, documentation, and data analysis techniques namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. From the research results it is known that: (1) The recording of incoming letters at the Bangilan District Office still uses the incoming letter agenda book. (2) In November 2021, the SEPASI Application belonging to the Bangilan District Office has started to be used, and has been effective from December 2022 until now. (3) Management of incoming mail using the SEPASI Application at the Bangilan District Office is more effectively and efficiently applied than using manual management of incoming mail using an incoming mail agenda book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170076
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Surat Masuk, SEPASI-Management, Incoming Mail, SEPASI
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:17
Last Modified: 01 Nov 2023 08:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204133
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ghina Sofarina Nur Azizah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item