Lusiana, Dita and Karisma Sri Rahayu,, S.S.T., MAB, (2023) Rancangan Pembuatan Konten Media Sosial Tiktok dan Instagram dalam Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Pada PT. Pegadaian (Persero) UPC Nglegok Blitar. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Content Marketing adalah salah satu cara promosi suatu produk berupa barang maupun jasa suatu bisnis dengan menggunakan sosial media dengan cara membuat konten baik menggunakan media teks, video, dan audio yang memiliki tujuan supaya bisnis tersebut memiliki nilai tambah, yang bisa dilakukan secara online maupun offline. Media yang digunakan oleh pegadaian nglegok untuk kegiatan promosi adalah TikTok dan Instagram, dengan nama @pegadaian_nglegok. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang digunakan diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan posting video konten baik dari TikTok maupun Instagram dilakukan pada 27 Maret 2023 – 10 April 2023 yang terbagi atas 4 siklus yang masing-masing siklus dilakukan selama 4 hari dengan publikasi konten 3 kali posting per siklus, dengan jadwal publikasi konten antara pukul 16.00 WIB dan 20.00 WIB. Dari siklus 1 – siklus 4 terjadi peningkatan salah satunya dari akun Instagram 0 pengikut menjadi ±220 pengikut, tetapi pada TikTok tidak mencapai target dan hanya mencapai ±40 pengikut pada TikTok. Sedangkan pada poin suka, komentar, simpan postingan, bagikan, tayangan video dan total insight mengalami naik turun pada setiap siklus.
English Abstract
Content Marketing is a way of promoting a product in the form of goods or services for a business using social media by creating content using both text, video and audio media with the aim of making the business have added value, which can be done online or offline. The media used by Pegadaian Nglegok for promotional activities are TikTok and Instagram, under the name @pegadaian_nglegok. By using a qualitative descriptive method with the data used obtained from observations, interviews, and documentation. Video content posting activities from both TikTok and Instagram will be carried out on March 27 2023 – April 10 2023 which is divided into 4 cycles, each cycle is carried out for 4 days with content publication 3 times per cycle, with a content publication schedule between 16.00 WIB and 20.00 WIB. From cycle 1 – cycle 4, there was an increase, one of which was from an Instagram account with 0 followers to ±220 followers, but TikTok did not reach the target and only reached ±40 followers on TikTok. While on the points of likes, comments, save posts, share, video views and total insights experience ups and downs in each cycle.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170063 |
Uncontrolled Keywords: | Content Marketing, TikTok, Instagram-Content Marketing, TikTok, Instagram |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 06:37 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 06:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204120 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dita Lusiana.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |