Implementasi Layanan Mobile Banking di PT. BPR Bank Jombang Perseroda

Mustis, Darna Ega and San Rudiyanto, S.E.,Ak.,CA.,MSA (2023) Implementasi Layanan Mobile Banking di PT. BPR Bank Jombang Perseroda. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan mobile banking di PT. BPR Bank Jombang Perseroda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Melalui hasil penelitian dapat diketahui bahwa PT. BPR Bank Jombang Perseroda mengimplementasikan layanan mobile banking bernamaa BJ Mobile sebagai fasilitas untuk bertransaksi guna mengenalkan Bank Pekreditan Rakyat kepada masyarakat dan melakukan ekspansi pasar. Melalui layanan BJ Mobile dapat meningkatkan layanan pada PT. BPR Bank Jombang Perseroda karena transaksi yang tidak harus dilakukan di kantor, namun hanya melalui smartphone. Dalam pengimplementasian layanan BJ Mobile masih memiliki pengguna yang terbatas dikarenakan belum adanya surat izin dari Otoritas Jasa Keuangan dan layanan BJ Mobile yang belum dapat diakses di IOS, tetapi PT. BPR Bank Jombang Perseroda akan terus meningkatkan jumlah pengguna dengan menargetkan pada nasabah tabungan terbanyak. Pengguna layanan BJ Mobile hampir tidak mengalami kendala dalam menggunakan layanan BJ Mobile, hanya pengguna IOS saat ini belum dapat mengakses layanan tersebut. Akan tetapi PT. BPR Bank Jombang Perseroda menyiapkan layanan alternatif dan terus meningkatkan layanan BJ Mobile.

English Abstract

This study aims to determine the implementation of mobile banking services at PT. BPR Bank Jombang Perseroda. This type of research is a qualitative research with a descriptive approach. Data collection techniques used are observation, semi-structured interviews, and documentation. Through the research results it can be seen that PT. BPR Bank Jombang Perseroda implements a mobile banking service called BJ Mobile as a transaction facility to introduce Rural Credit Banks to public and expand their target market. Through the BJ Mobile service, it can improve services at PT. BPR Bank Jombang Perseroda because transactions don't have to be done in the office, but only via a smartphone. In implementing the BJ Mobile service, it still has limited users due to the absence of a license from the Otoritas Jasa Keuangan and BJ Mobile services that cannot be accessed on IOS, but PT. BPR Bank Jombang Perseroda will increase the number of users by targeting the most highest savings customers. BJ Mobile service users have almost no problems in using BJ Mobile services, only IOS users currently cannot access the service. However, PT. BPR Bank Jombang Perseroda prepares alternative services and continues to improve BJ Mobile services.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170056
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Layanan, Mobile banking-Implementation, Service, Mobile banking
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:21
Last Modified: 31 Oct 2023 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204100
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Darna Ega Mustis.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item