Pengaruh Promosi Kesehatan Berbasis Video Terhadap Pengetahuan dan Kesiapan Mental Menghadapi Menarche di SDN 02 Bunulrejo Kota Malang

Ilmy, Alvie Najihul and dr. Nikma Fitriasari, MMRS and Miftahul Jannah, SST., M.Keb (2023) Pengaruh Promosi Kesehatan Berbasis Video Terhadap Pengetahuan dan Kesiapan Mental Menghadapi Menarche di SDN 02 Bunulrejo Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menarche adalah terjadinya haid/menstruasi pertama pada remaja putri. Menarche dialami oleh remaja putri pra-pubertas dengan usia minimal adalah 9 tahun dan maksimal 11 tahun. Di Low Middle Income country, 88,7% remaja putri tidak siap dan bereaksi negatif terhadap menarche. Hasil penelitian salah satu kota di Jawa Timur, 50% dari perempuan remaja memiliki,pengetahuan kurang terkait ,menstruasi dan tidak siap untuk menghadapi menarche. Saat ini, promosi kesehatan video dinilai efektif untuk menyalurkan informasi kepada semua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan berbasis video terhadap pengetahuan dan kesiapan mental menghadapi menarche di SDN 02 Bunulrejo Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan pre-experimental tipe One-group, pre-test post-test design, dengan pendekatan, cross-sectional study, dengan uji Paired Sample T-test. Pada kedua variabel pengetahuan dan kesiapan mental terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan berbasis video dengan hasil nilai p value,sebesar 0,000. Sehingga, didapatkan adanya perbedaan pengetahuan dan,kesiapan sesudah diberikan promosi kesehatan berbasis video.

English Abstract

Menarche is the occurrence of menstruation or first menstruation in young women. Menarche experienced by pre-pubertal young women with a minimum age of 9 years and a maximum of 11 years. In Low Middle Income country around 88.7% of young women have negative reactions and are not ready to face them menarche. The results of a study in a city in East Java showed that 50% of young women had insufficient knowledge about menstruation and said they were not ready to face itmenarche. At present, video health promotion is considered effective in disseminating information to all groups. This study,aims to,determine the effect of video-based health promotion on,knowledge and mental readiness to facemenarche at SDN 02 Bunulrejo Malang City. The research method used pre-experimental type One-group pretest-posttest design with approach cross-sectional study and with test Paired Sample T-test. In the two variables of knowledge and mental readiness, there are differences in values before and after being given video-based health promotion with the resulting values p value of 0.000. Thus, there are,differences in knowledge,and readiness after being given video-based health promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523060017
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, kesiapan mental, promosi kesehatan video
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:03
Last Modified: 30 Oct 2023 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204099
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alvie Najihul Ilmy.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item