Evaluasi Sosial Media Instagram Sebagai Pencarian Client Baru Di Planningku Organizer

Putri, Claudya Cantika Indira and Rachma Bhakti Utami,, S.E, M.AB. (2023) Evaluasi Sosial Media Instagram Sebagai Pencarian Client Baru Di Planningku Organizer. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Planningku Wedding Organizer merupakan salah satu wedding organizer yang ada di Kota Mojokerto yang juga melayani ke luar kota salah satunya Kota Surabaya. Wedding organizer yang berdiri sejak tahun 2021 ini mendapatkan client dengan rata-rata 2 sampai 3 client perbulannya. Dalam perannya Planningku Organizer memiliki sebuah tugas salah satunya yaitu merencanakan dan mempersiapkan acara pernikahan baik sebelum acara maupun sesudah acara. Sosial media instagram merupakan portal online publik yang menjangkau secara luas dalam menyebarkan sebuah informasi dan media yang paling efektif dalam meningkatkan branding positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi sosial media instagram sebagai media pencarian client baru di Planningku Organizer. Jenis penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan observasi. Teori evaluasi yang digunakan menggunakan teori evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikemukakan oleh Stuffebeam pada tahun 1966. Dengan evaluasi tersebut dapat dilihat bahwa proses evaluasi yang dijalankan berjalan cukup maksimal. Namun, evaluasi ini juga menunjukkan beberapa tantangan yang mungkin dihadapi, seperti menarik minat calon klien secara konsisten dan menghadapi persaingan dengan pesaing di platform yang sama. Oleh karena itu, penting untuk terus memperbaiki strategi, melakukan analisis pasar dan tren, serta beradaptasi dengan kebutuhan dan preferensi calon klien yang terus berkembang. Dengan melakukan perbaikan dan penyesuaian yang tepat, penggunaan Instagram sebagai media pencarian klien baru dapat terus meningkatkan keberhasilan @planningku.organizer dalam memperluas basis klien mereka. Penggunaan Instagram sebagai media pencarian klien baru memiliki potensi untuk terus ditingkatkan dan dikembangkan. Terdapat peluang untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram atau melibatkan platform media sosial lainnya dalam mencari klien baru.

English Abstract

Planningku Wedding Organizer is one of the wedding organizers in Mojokerto City which also serves out of town, one of which is Surabaya City. This wedding organizer, which was founded in 2021, gets clients with an average of 2 to 3 clients per month. In its role, Planningku Organizer has a task, one of which is to plan and prepare wedding events both before the event and after the event. Instagram social media is a public online portal that reaches widely in disseminating information and the most effective media in increasing positive branding. This study aims to determine the evaluation of Instagram social media as a medium for finding new clients at Planningku Organizer. This type of research is descriptive with a qualitative approach. The data collection techniques used are interview and observation techniques. The evaluation theory used uses the CIPP (Context, Input, Process, Product) evaluation theory proposed by Stuffebeam in 1966. With this evaluation, it can be seen that the evaluation process is running optimally. However, the evaluation also points out some challenges that may be faced, such as consistently attracting potential clients and facing competition from competitors on the same platform. Therefore, it is important to continuously improve strategies, conduct market and trend analysis, and adapt to the evolving needs and preferences of prospective clients. By making the right improvements and adjustments, the use of Instagram as a medium for finding new clients can continue to increase @planningku.organizer's success in expanding their client base. The use of Instagram as a new client search medium has the potential to be continuously improved and developed. There are opportunities to optimize the use of Instagram or involve other social media platforms in finding new clients.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170053
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Sosial Media, Instagram, Konten, Client, CIPP-Evaluation, Social Media, Instagram, Content, Client, CIPP
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:19
Last Modified: 31 Oct 2023 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204079
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Claudya Cantika Indira Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item