Pengaruh Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Penggerak.

Nisa., Silla Anantasya Choirul and Dr. Choirul Saleh, M.Si and Aulia Luqman, SS., S.Pd., M.Pd (2023) Pengaruh Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sekolah Penggerak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan pada sekolah penggerak di Jakarta Selatan Wilayah 1 yaitu SMA Negeri 86 Jakarta, SMA Negeri 109 Jakarta, dan SMAS Avicenna Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat dua variabel yaitu kompetensi supervisi kepala sekolah (X) dan peningkatan mutu pendidikan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan tenaga pendidik SMA Negeri 86 Jakarta, SMA Negeri 109 Jakarta, dan SMAS Avicenna Jakarta dengan sampel sebanyak 93 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Uji persyaratan analisis data penelitian menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji heteroskedasitsitas, dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi pengaruh secara parsial antara kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan yang positif sebesar taraf signifikansi 0,001 kurang dari 0,05 dan nilai thitung 11,058 lebih besar dari nilai ttabel 19867Sehingga pada penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan.

English Abstract

This study aims to determine the effect of the principal's supervision competence on improving the quality of education in driving schools in South Jakarta Region 1, namely SMA Negeri 86 Jakarta, SMA Negeri 109 Jakarta, and SMAS Avicenna Jakarta. This study uses a quantitative approach, there are two variables, namely the competence of the principal's supervision (X) and improving the quality of education (Y). The population in this study were teachers and teaching staff at SMA Negeri 86 Jakarta, SMA Negeri 109 Jakarta, and SMAS Avicenna Jakarta with a sample of 93 respondents. The sampling technique in this study was using the Random Sampling technique. The data collection technique is in the form of a questionnaire using a Likert scale. The research data analysis requirements test uses the classic assumption test in the form of a normality test, heteroscedasticity test, and linearity test. Data analysis technique using simple linear regression analysis. The results of this study indicate that there is a partial influence between the principal's supervision competence on improving the quality of education which is positive at a significance level of 0.001 less than 0.05 and a tcount value of 11,058 greater than the table value of 19867 Based on the research result, it may be concluded that there is a positive and significant influence between the competence of school principals on improving the quality of education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030255
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Supervisi, Mutu
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:52
Last Modified: 08 Nov 2023 00:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204067
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Silla Anantasya Choirul Nisa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item