Tingkat Pengetahuan Nasabah Dan Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Blimbing

Rahmaningtyas, Auni and Anisya Sukmawati,, SE., MSA., AK. (2023) Tingkat Pengetahuan Nasabah Dan Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Blimbing. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman dan pengetahuan nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Blimbing mengenai metode pembayaran QRIS serta untuk mengetahui strategi pengoptimalisasian penggunaan QRIS pada nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Blimbing. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah kuesioner kepada 50 responden nasabah serta wawancara kepada 1 narasumber pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Blimbing. Hasil dari penelitian ini diketahui sebagian besar responden dari nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Blimbing belum mengetahui serta memahami QRIS sehingga minat menggunakan QRIS sangat minim. Strategi pengoptimalisasianan penggunaan QRIS pada nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Blimbing melalui edukasi yang dilakukan dengan cara sosialisasi dan media sosial.

English Abstract

The rapid development of technology and information creates new innovations, one of the innovations in the banking world is digital transactions using QRIS. By using QRIS the transactions made will be easier. This study aims to determine the level of knowledge and understanding of customers about QRIS and find out what strategies are used by banks so that QRIS can be used optimally. This type of research uses qualitative data types. Data collection methods used were interviews and questionnaires. The conclusion from this study is that most of the respondents do not know and understand QRIS so that the interest in using it is still minimal. Meanwhile, the strategy adopted by the bank so that QRIS becomes optimal is to provide education through outreach and social media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170038
Uncontrolled Keywords: QRIS, Transaksi digital, Bank-QRIS, Digital Transactions, Bank
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:31
Last Modified: 30 Oct 2023 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204050
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Auni Rahmaningtyas.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item