Rahmanda, Alivia and Budi Fajar Supriyanto,, S.Kom, M.Kom (2023) Pengaruh Instagram Marketing Terhadap Peningkatan Followers Instagram @Radioub. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Instagram kini menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan di dunia, dan menurut We Are Social Instagram berada di urutan ke-4 sebagai aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia. Melihat banyaknya pengguna Instagram ini menjadikannya salah satu platform media sosial unggulan dalam pemasaran produk ataupun jasa dari sebuah perusahaan. Hal ini dilakukan agar pemasaran produk ataupun jasa dapat menjangkau lebih banyak audiens dengan modal yang lebih kecil. Selain itu pada media sosial Instagram juga terdapat banyak fitur-fitur yang dapat mempermudah pengusaha untuk mendapatkan hasil performa dari pemasaran yang telah mereka lakukan, fitur tersebut diantaranya Engangement, Insight, Post Feed, Reels, dan masih banyak lagi. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosinya adalah UB Radio, melalui akun Instagramnya yaitu @Radio_Ub. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Instagram Marketing pada akun @Radio_Ub terhadap peningkatan followersnya, ini dilakukan karna sebelumnya akun instagram UB Radio sempat mengalami hack dan saat ini ingin mencampai jumlah followers yang melebihi akun sebelumnya. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kategori konten seperti apakah yang paling banyak mengundang interaksi dengan audiens, apakah konten post feed atau konten reels. Sehingga UB Radio dapat memaksimalkan pemasaran mereka di Instagram. Penelitian dilakukan selama 28 hari, yakni 14 hari sebelum penelitian dimulai, dan 14 hari setelah penelitian dilakukan, kemudian dilakukan perbandingan antara keduanya. Dari hasil pengamatan didapatkan bahwa : (1) Penerapan Instagram Marketing mempengaruhi pertumbuhan followers yang lebih tinggi, dibandingkan dengan yang tidak menerapkannya, (2) Kategori konten reels memiliki interaksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan konten post, baik berupa like ataupun komen yang diberikan oleh audiens.
English Abstract
Instagram now one of the most used applications in the world, and according to We Are Social, Instagram is in 4th place as the application with the most users in the world. Seeing the large number of Instagram users makes it one of the leading social media platforms in marketing products or by services a company. This is done so that product or service marketing can reach a wider audience with smaller capital. Apart from that, on social media Instagram there are also many features that can make it easier for entrepreneurs to get performance results from the marketing they have done, these features include Engangement, Insights, Post Feeds, Reels, and many more. One company that uses Instagram as a media for promotion is UB Radio, through its Instagram account, @Radio_Ub. This research was conducted to find out the effect of implementing Instagram Marketing on the @Radio_Ub account on increasing its followers, this was done because previously UB Radio's Instagram account had experienced a hack and now it wants to achieve a number of followers that exceeds the previous account. In addition, this research was also conducted to find out which content categories invite the most interaction with the audience, whether post feed content or reels content. So that UB Radio can maximize their marketing on Instagram. The study was conducted for 28 days, i.e. 14 days before the study started, and 14 days after the research was conducted, then a comparison was made between the two. From the observations it was found that: (1) The application of Instagram Marketing affects the growth of followers which is higher, compared to those who do not implement it, (2) The reels content category has higher interaction compared to post content, both in the form of likes or comments given by the audience.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170023 |
Uncontrolled Keywords: | Engangement Rate, Instagram Marketing, Insight, Kategori Konten.Engagement Rate, Instagram Marketing, Insights, Content Category. |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:53 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204034 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alivia Rahmanda.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |