Kesalahan Penggunaan EYD Edisi V dalam Kompetensi Menulis Teks Berita Kelas VIII SMP.

Kirana, Nadhira Shafa and Dr. Warsiman,, M.Pd. (2023) Kesalahan Penggunaan EYD Edisi V dalam Kompetensi Menulis Teks Berita Kelas VIII SMP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kurikulum 2013, siswa difokuskan pada kreativitas, penalaran, imajinasi, dan keterampilan kritis, khususunya pada pembelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Teks berita merupakan salah satu unsur yang diajarkan dengan kompetensi yang harus dikuasai siswa yaitu menulis. Menulis merupakan kompetensi yang kompleks untuk dikuasai karena banyak aturan yang harus dipatuhi. Dengan demikian, aturan penulisan harus diikuti agar pesan dapat diterima dengan baik. Siswa dituntut agar dapat menulis teks berita dengan baik sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Namun, pada kenyataannya siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School masih menghadapi banyak kendala ketika menyusun teks berita tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan oleh siswa SMP Brawijaya Smart School kelas VIII dalam menggunakan EYD Edisi V untuk menulis teks berita. Metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan penggunaan EYD Edisi V siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School dalam penggunaan huruf kapital sebanyak 103 atau 36%, kesalahan penulisan kata serapan sebanyak 58 atau 20%, kesalahan penggunaan tanda baca titik sebanyak 41 atau 14%, kesalahan penggunaan tanda baca koma sebanyak 50 atau 18%, dan kesalahan penulisan kata depan sebanyak 33 atau 12%. Adapun penyebab terjadinya kesalahan tersebut adalah karena penguasaan EYD Edisi V siswa yang rendah. Rendahnya penguasaan tersebut, dikarenakan kurangnya contoh yang diberikan oleh guru, dan kurangnya latihan menulis. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penguasaan siswa pada EYD Edisi V, perlu memperbanyak latihan menulis, dan melaksanakan pembelajaran menulis dengan pendekatan proses.

English Abstract

In the 2013 curriculum, students are focused on creativity, reasoning, imagination, and critical skills, especially on learning Indonesian which is taught at the Junior High School (JHS) level. News text is one of the elements taught with the competency that students must master, namely writing. Writing is a complex competency to master because there are many rules that must be obeyed. Thus, the rules of writing must be followed so that the message can be received properly. Students are required to be able to write news texts properly according to the structure and rules of language. However, in reality the students of grade VIII Brawijaya Smart School still face many obstacles when compiling the news text. Based on these problems, this study aims to identify errors made by grade VIII Brawijaya Smart School in using EYD Edition V to write news texts. Case study method with a qualitative approach is used in this study. Based on the results of the study, errors in the use of EYD Edition V grade VIII students of Brawijaya Smart School in the use of capital letters were 103 or 36%, errors in writing loan words were 58 or 20%, errors in using punctuation marks were 41 or 14%, errors in using markings read commas by 50 or 18%, and preposition errors by 33 or 12%. The cause of the error was due to the students' low mastery of EYD Edition V. The low mastery is due to the lack of examples given by the teacher, and the lack of writing practice. Therefore, to improve students' mastery of EYD Edition V, it is necessary to increase writing exercises, and carry out writing learning using a process approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120326
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Ejaan, Menulis, Teks Berita-Spelling Errors, Writing, News Text
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:26
Last Modified: 25 Oct 2023 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204008
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadhira Shafa Kirana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item